7 Rekomendasi aplikasi penyimpanan file gratis, mudah digunakan

7 Rekomendasi aplikasi penyimpanan file gratis, mudah digunakan

Techno.id - Menyimpan file merupakan kebutuhan setiap orang di dalam melakukan aktivitas secara digital. Adapun kegiatan ini selalu dilakukan bertujuan untuk menyimpan file dengan aman dan memastikan file tersebut tidak hilang.

Cara menyimpan file tersebut bisa dilakukan melalui dua cara yakni dengan alat penyimpanan yang berada di smartphone (RAM & ROM) maupun dengan menggunakan aplikasi tambahan yang bisa kamu download dan install di gadget kamu.

Penyimpanan yang dilakukan di smartphone rentan mengalami masalahhingga file hilang. Sedangkan penyimpanan di aplikasi lebih aman dan dipastikan file tidak akan hilang. Seperti misalnya aplikasi Google Drive.

Lebih lengkap dan jelasnya, berikut telah dilansir techno.id dari berbagai sumber pada hari Senin (10/10) 7 rekomendasi aplikasi penyimpanan file

1. Google Drive

7 Rekomendasi aplikasi penyimpanan file gratis, mudah digunakan

foto: workspace.google.com

Rekomendasi aplikasi penyimpanan file yang pertama bisa kamu gunakan adalah Google Drive. Google Drive sendiri merupakan layanan penyimpanan data yang telah aman dan tersinkronisasi dengan Google.

Selain untuk menyimpan file, aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk kepentingan berbagi file dengan akses yang sangat mudah. Jangan takut kepenuhan penyimpanan, Google telah membackupnya dengan penyimpanan yang besar dan juga fleksibel.

Google Drive juga dilengkapi dengan administrasi yang terpusat yang memastikan aplikasi tersebut aman, pencegahan kehilangan data yang memastikan file kamu aman dan nyaman serta Vault yang memastikan pengelolaan pengguna dan berbagi file dengan akses yang mudah.

2. Dropbox

7 Rekomendasi aplikasi penyimpanan file gratis, mudah digunakan

foto: dropbox.com

Selanjutnya ada Dropbox. Dropbox sendiri merupakan aplikasi yang sudah dipercayai oleh sebanyak 700 juta orang pengguna. Akses penyimpanannya yang mudah dan juga aman menjadi daya tarik utama pengguna yang menggunakannya.

Dengan Dropbox juga memastikan file kamu hanya untuk kamu dan tidak diketahui oleh orang lain bahkan pihak perusahaan Dropbox sendiri. Adapun file yang bisa kamu simpan di Dropbox sendiri bisa sampai 2 TB.

3. OneDrive

7 Rekomendasi aplikasi penyimpanan file gratis, mudah digunakan

foto: microsoft.com

Aplikasi rekomendasi penyimpanan file berikutnya adalah OneDrive. OneDrive merupakan aplikasi yang bisa digunakan di perangkat apapun dengan waktu kapanpun dan tempat dimana saja.

OneDrive merupakan aplikasi penyimpanan file yang sangat tertata rapi, terlindungi dan aman dari terhapusnya dan hilangnya file juga telah terhubung dan tersinkronisasi dengan aplikasi besar lainnya.

Selain hal tersebut kamu bisa dengan mudahnya mengakses, mengedit dan berbagi file dengan mudah dimanapun kamu berada. Kamu juga bisa melakukan kolaborasi dengan aplikasi Office untuk lebih mendapatkan pengalaman menyimpan file yang menarik.

4. My Cloud

7 Rekomendasi aplikasi penyimpanan file gratis, mudah digunakan

foto: home.mycloud.com

Kemudian terdapat juga aplikasi My Cloud. My Cloud sendiri merupakan aplikasi penyimpanan file dengan banyak fitur menarik yang selalu membuat penggunanya ingin menggunakannya dan mencobanya.

Mengakses file di aplikasi ini terbilang sangatlah mudah. Hanya dengan menggunakan website resmi My Cloud-nya saja, kamu telah bisa mengakses file maupun berbagi file sepuasnya tanpa batas.

5. ES File Explorer File Manager

7 Rekomendasi aplikasi penyimpanan file gratis, mudah digunakan

foto: es-file-explorer.en.uptodown.com

Aplikasi penyimpanan file selanjutnya yang bisa kamu jadikan opsi adalah ES File Explorer File Manager. ES File Explorer File Manager sendiri merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan file bahkan program sekali pun.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur tambahan seperti misalnya fitur yang bisa mematikan aplikasi yang sedang berjalan, menyimpan file di berbagai aplikasi yang terhubung seperti misalnya Dropbox, Google Drive, SkyDrive dan lain sebagainya.

Adapun ES File Explorer File Manager ini juga memberikan keleluasaan kepada penggunanya seperti bisa mendekompresi file ZIP dan RAR, mengakses file dalam berbagai jenis dan juga mengupload file di perangkat (Android maupun komputer) kamu melalui WiFi.

6. Amazon Drive

7 Rekomendasi aplikasi penyimpanan file gratis, mudah digunakan


foto: amazon.com

Aplikasi selanjutnya yang bernama Amazon Drive. Amazon Drive sendiri merupakan aplikasi yang dapat membackup file kamu dengan jaminan aman dan mudah untuk diakses.

Aplikasi ini sangatlah bisa digunakan bagi kamu yang ingin menyimpan kenangan keluarga. Dikarenakan aplikasi ini juga menyediakan kamera potrait yang bisa digunakan untuk kepentingan keluarga.

Selain itu, Amazon Drive ini juga bisa menentukan jadwal pembackupan dan juga pengamanan file kamu dengan sangat baik. Juga memberikan fitur Restore file untuk mengembalikan dan menemukan kembali file yang sekiranya hilang atau terhapus.

7. Degoo: 100 GB

7 Rekomendasi aplikasi penyimpanan file gratis, mudah digunakan

foto: play.google.com

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan file adalah Degoo. Degoo sendiri merupakan aplikasi pencadangan atau penyimpanan file dengan aman secara online dan gratis. Aplikasi ini juga telah didownload dan diinstal oleh lebih dari 10 juta pengguna.

Kata aman yang diberikan aplikasi Degoo tidak main-main. Dikarenakan file yang kamu simpan telah terenkripsi melalui standar pengamanan militer yang akan dengan pasti menjaga dan mengamankan file kamu dengan sangat aman.

Magang: Irvan Ahmad Fauzi

(brl/guf)