Cara menghentikan WhatsApp menyimpan foto dan video ke ponsel Android dan iPhone secara otomatis

Cara menghentikan WhatsApp menyimpan foto dan video ke ponsel Android dan iPhone secara otomatis

Techno.id - WhatsApp sebagai aplikasi berbagi pesan sangat digemari karena penggunaannya mudah. Aplikasi perpesanan ini cukup fantastis. Makanya tak heran jika WhatsApp menjadi aplikasi kontak pilihan utama bagi jutaan orang, dengan lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi besutan Meta ini juga memiliki banyak fitur yang memudahkan pengguna. Tak hanya sebatas obrolan teks, pengguna juga bisa berkirim foto dan video di utas obrolan dan penerima akan menerimanya dalam hitungan detik.

Fitur lain yang juga cukup menarik, WhatsApp dapat secara otomatis menyimpan gambar atau video yang pengguna terima ke ponsel secara permanen. Fitur ini sangat membantu karena foto dan video tersebut akan muncul di perpustakaan foto ponsel pengguna.

Cara menghentikan WhatsApp menyimpan foto dan video ke ponsel Android dan iPhone secara otomatis foto: freepik/mmollaretti

Tetapi fitur ini juga bisa membuat pengguna kurang nyaman jika teman kamu cenderung mengirimi banyak sekali foto, meme, video yang sebenarnya tidak ingin kamu lihat lagi atau simpan. Secara default, WhatsApp akan mengunduh dan menyimpan setiap gambar, gif, rekaman audio, dan file video yang dikirim dan diterima di dalam aplikasi.

Jika ini disimpan secara otomatis ke ponsel, konsekuensinya ruang penyimpanan kamu bakal cepat habis dan mengakibatkan ponsel tidak bekerja secara optimal. Namun WhatsApp juga memberikan opsi agar pengguna bisa menghentikan media agar tidak disimpan secara otomatis dari semua obrolan atau hanya obrolan tertentu. Berikut caranya.

(brl/red)