WhatsApp siap luncurkan fitur baru untuk mengirim foto dalam format HD

WhatsApp siap luncurkan fitur baru untuk mengirim foto dalam format HD

Techno.id - Pengguna WhatsApp tak lama lagi bakal bisa mengirim foto beresolusi tinggi. Sebab aplikasi besutan Meta ini baru saja meluncurkan fitur anyar untuk pengiriman foto High Definition (HD). Sekarang fitur ini masih dalam versi beta dan akan segera diluncurkan untuk versi publik.

Mark Zuckerberg sebagai CEO Meta mengumumkan peningkatan baru ini di Meta Broadcast Channel melalui Instagram. Fitur baru ini diluncurkan karena selama ini WhatsApp sering mendapat sorotan sebab melakukan kompresi gambar pada platform perpesanan.

WhatsApp punya alasan tersendiri mengapa cara tersebut dilakukan, antara lain untuk menghemat ruang penyimpanan dan transfer data yang lebih cepat. Tapi sekarang, WhatsApp akhirnya mendapatkan kemampuan untuk mengirim foto HD.

WhatsApp siap luncurkan fitur baru untuk mengirim foto dalam format HD foto: whatsapp

WhatsApp telah menguji coba fitur ini cukup lama. Fitur ini dirilis dalam versi beta WhatsApp untuk ponsel Android dan perangkat iOS. Dalam postingan Zuckerberg juga terdapat sebuah video yang menunjukkan bagaimana cara kerja fitur baru ini.

Caranya relatif mudah. Pengguna WhatsApp dapat memilih gambar berkualitas tinggi dari galeri mereka melalui ikon kamera yang berada tepat di sebelah ikon mikrofon. Di atas tampilan untuk menambahkan keterangan pada gambar, aplikasi akan menampilkan ikon HD baru, di antara pilihan lainnya.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh WhatsApp (@whatsapp)

Dengan memilih ikon HD, pengguna dapat memilih kualitas foto yang ingin mereka kirimkan. Bisa berupa kualitas standar dengan resolusi yang lebih rendah yang membutuhkan lebih sedikit ruang dan lebih cepat untuk dikirim, atau pengguna dapat memilih opsi kualitas HD. Baik pengirim maupun penerima, selanjutnya dapat melihat tanda HD pada gambar. Semuanya dilindungi enkripsi end-to-end WhatsApp.

Fitur baru ini rencananya akan diluncurkan ke pengguna di seluruh dunia dalam waktu dekat. Selain itu, WhatsApp juga sedang mengembangkan kemampuan untuk mengirim video berkualitas tinggi.

(brl/red)