Cara menghapus virus dari ponsel Android tanpa reset pabrik, segera hapus aplikasi 'zombie'

Cara menghapus virus dari ponsel Android tanpa reset pabrik, segera hapus aplikasi 'zombie'

Cara menghapus virus ponsel tanpa reset pabrik

3. Jalankan pemindaian Google Play Protect

Cara menghapus virus dari ponsel Android tanpa reset pabrik, segera hapus aplikasi 'zombie' foto: google

Google Play Protect adalah sistem keamanan bawaan Android. Fitur ini memastikan aplikasi Android aman untuk diunduh di Play Store. Fitur ini juga memindai ponsel kamu untuk mencari aplikasi berbahaya yang berhasil lolos. Selanjutnya, kamu harus memastikan telah mengaktifkan fitur ini dan mencoba menjalankan pemindaian.

Buka Google Play Store, ketuk foto profil kamu di bagian kanan atas, dan pilih Play Protect untuk mengakses fitur ini. Lalu, ketuk ikon Roda Gigi di kanan atas dan pastikan penggeser Pindai aplikasi dengan Play Protect diaktifkan.

Kembali ke layar utama Play Protect, kamu akan melihat kapan pemindaian terakhir kali dijalankan. Ketuk Pindai untuk meminta layanan memeriksa perangkat kamu untuk mencari infeksi apa pun, lalu kamu akan diberi petunjuk jika menemukan masalah.

4. Gunakan antivirus Android pihak ketiga

Cara menghapus virus dari ponsel Android tanpa reset pabrik, segera hapus aplikasi 'zombie' foto: malwarebytes

Jika kamu masih mencurigai adanya virus Android setelah melakukan langkah-langkah di atas, tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi antivirus Android yang memiliki fitur menduplikasi fitur bawaan Android seperti Malwarebytes.

Setelah menginstalnya, pilih Lewati untuk melewati uji coba gratis karena tidak diperlukan untuk menjalankan pemindaian keamanan. Pilih Pindai sekarang di beranda, lalu berikan izin kepada aplikasi untuk mengakses file kamu untuk pemindaian menyeluruh.

Malwarebytes juga akan menyebutkan potensi masalah keamanan lain, seperti mengaktifkan Opsi Pengembang dan tidak menggunakan berbagai fitur aplikasi lain. Pemindaian seharusnya cukup untuk mengetahui apakah ponsel kamu terinfeksi sesuatu yang serius.

(brl/red)