Dua aplikasi chatting gratis ini bisa mencuri data WhatsApp, segera hapus sebelum kamu jadi korban

Dua aplikasi chatting gratis ini bisa mencuri data WhatsApp, segera hapus sebelum kamu jadi korban

Techno.id - Jika kamu memiliki aplikasi obrolan gratis BingeChat dan Chatico, sebaiknya segera dihapus dari perangkat kamu. Sebab, berdasarkan penelitian perusahaan keamanan digital global, ESET baru-baru ini, kedua palikasi tersebut telah terinfeksi spyware GravityRAT.

Malware GravityRAT yang diperbarui yang ditemukan pada kedua aplikasi chatting tersebut dapat mencuri cadangan data WhatsApp pengguna. Selain itu malware ini juga dapat menghapus file dari jarak jauh.

Faktanya, GravityRAT yang telah digunakan sejak tahun 2015, dapat mengambil informasi perangkat seperti IMEI, alamat IP, nomor telepon, lokasi perangkat, dan lain sebagainya, termasuk daftar kontak, alamat email, serta log panggilan dan teks.

Seperti dilansirlaptopmag.com, penyusupan malware ini di kedua aplikasi chatting tersebut diperkirakan sudah berlangsung sejak Agustus 2022. Namun masih berdasarkan ESET, satu aplikasi chatting tersebut sudah tidak aktif lagi, sementara satu lainnnya masih aktif.

Sebagai informasi, kedua aplikasi obrolan gratis tersebut menyamar sebagai platform dengan fungsionalitas perpesanan untuk memikat pengguna masuk ke dalam perangkap mereka. BingeChat saat ini masih menjadi ancaman, sedangkan Chatico sudah tidak aktif.

Para peneliti ESET menemukan situs web tempat seseorang dapat mengunduh BingeChat yang tidak pernah tersedia melalui Google Play Store. Yang menarik, para peneliti memperhatikan bahwa pendaftaran diperlukan untuk mengunduh aplikasi berbahaya itu.

Dua aplikasi chatting gratis ini bisa mencuri data WhatsApp, segera hapus sebelum kamu jadi korban foto: laptopmag.com

Lucunya, pendaftaran ditutup ketika ESET sedang menyelidiki BingeChat. Para peneliti menduga bahwa para pelaku kejahatan hanya membuka pendaftaran ketika ada korban dengan alamat IP tertentu, geolokasi, dan fitur pengenal lainnya. Intinya, calon korban sangat ditargetkan.

Ternyata, BingeChat adalah versi trojan dari aplikasi Android sumber terbuka yang disebut OMEMO Instant Messenger. Sementara Chatico didukung kode berbahaya yang sama dengan aplikasi BingeChat dan didistribusikan melalui situs web juga, yang dikomunikasikan dengan server perintah dan kontrol.

Karena itu sebaiknya kamu jangan pernah mengunduh aplikasi yang berada di luar Google Play Store. Nah jika kamu masih memiliki BingeChat atau Chatico di ponsel, segera hapus.

(brl/red)