Cara mengetahui kabel dan adaptor daya yang cocok untuk iPhone kamu, jangan salah pilih

Cara mengetahui kabel dan adaptor daya yang cocok untuk iPhone kamu, jangan salah pilih

Cara mengetahui kabel charger iPhone

Adaptor daya yang kamu butuhkan

Cara mengetahui kabel dan adaptor daya yang cocok untuk iPhone kamu, jangan salah pilih foto: techno.id/yani andriyansyah

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menentukan adaptor daya yang kamu butuhkan untuk iPhone. Pertama, aturan yang paling penting adalah memastikan bahwa kamu membeli adaptor yang memiliki port USB yang tepat untuk kabel iPhone.

Jika memiliki kabel USB-C ke USB-C atau kabel Lightning ke USB-C, kamu akan membutuhkan adaptor daya USB-C. Jika membeli kabel 30-Pin ke USB-A atau Lightning ke USB-A, kamu memerlukan adaptor daya USB-A.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah watt adaptor daya. Semakin tinggi angkanya, semakin cepat perangkat kamu mengisi daya, tetapi perlu diingat bahwa adaptornya juga akan lebih besar.

Adaptor daya 5W lebih kecil daripada yang setara dengan 20W, sedangkan adaptor daya 30W lebih besar dan lebih cepat daripada kedua adaptor yang disebutkan sebelumnya. Tidak masalah watt mana yang kamu pilih, karena semuanya berfungsi, hanya saja dengan kecepatan yang berbeda.

Selain itu, periksa juga apakah adaptor tersebut dirancang untuk digunakan di negara kamu. Jika kamu ingin membelinya sebelum bepergian, ada baiknya mempertimbangkan untuk membeli Apple World Travel Adapter Kit, sehingga kamu tidak perlu khawatir iPhone atau produk Apple lainnya akan rusak karena adaptor colokan internasional di bawah standar.

Pengisi daya nirkabel

Cara mengetahui kabel dan adaptor daya yang cocok untuk iPhone kamu, jangan salah pilih foto: freepik/blackss

Meskipun lebih lambat daripada pengisian daya berkabel, pengisi daya nirkabel adalah alternatif untuk mengisi daya kabel. Secara umum, ini lebih nyaman dan lebih rapih. Semua model dari iPhone 8 dan 8 Plus dan seterusnya mendukung pengisian daya nirkabel Qi, meskipun kamu tidak mendapatkan pengisi daya nirkabel yang disertakan dalam kotak.

iPhone 12 dan model yang lebih baru juga mendukung teknologi MagSafe yang memungkinkan pemasangan aksesori yang mudah dan pengisian daya nirkabel 15W yang lebih cepat. Model iPhone 15 dan iPhone 15 Pro juga mendukung standar pengisian daya nirkabel Qi2, yang membuka pengisian daya nirkabel 15W saat digunakan dengan aksesori yang kompatibel dengan Qi2.

Setelah kamu mencatat jenis kabel dan adaptor daya yang dibutuhkan, ingatlah untuk memeriksa apakah aksesori pengisian daya tersebut adalah produk resmi Apple atau aksesori bersertifikasi MFi.

(brl/red)