Cara mengetahui kabel dan adaptor daya yang cocok untuk iPhone kamu, jangan salah pilih

Cara mengetahui kabel dan adaptor daya yang cocok untuk iPhone kamu, jangan salah pilih

Techno.id - Secara umum, kamu memerlukan kabel pengisi daya dan adaptor daya untuk mengisi daya iPhone. Salah satu ujung kabel terhubung ke port pengisian daya iPhone, ujung lainnya terhubung ke adaptor daya, dan adaptor daya harus dicolokkan ke stopkontak. Berikut penjelasan kabel dan adaptor daya yang kamu diperlukan untuk iPhone kamu.

Pada dasarnya, ada empat jenis kabel pengisian daya iPhone yakni USB-C ke USB-C, Lightning ke USB-C, Lightning ke USB-A, dan kabel 30-pin ke USB-A. Nah untuk menentukan jenis kabel yang diperlukan, kamu perlu mengetahui model iPhone yang kamu miliki.

1. Kabel USB-C ke USB-C

Cara mengetahui kabel dan adaptor daya yang cocok untuk iPhone kamu, jangan salah pilih foto: freepik/goodmood_studio

Hanya model iPhone 15 dan 15 Pro yang menggunakan kabel USB-C ke USB-C. Ini adalah salah satu perbedaan utama antara model iPhone 15 dan iPhone 14 dan menandai transisi iPhone dari port Lightning lama ke port USB-C.

USB-C meningkatkan iPhone dalam beberapa cara. Misalnya, USB-C jauh lebih universal. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan satu kabel pengisian daya untuk berbagai perangkat.

2. Kabel Lightning ke USB-C dan Lightning ke USB-A

Cara mengetahui kabel dan adaptor daya yang cocok untuk iPhone kamu, jangan salah pilih foto: techno.id/yani andriyansyah

Kamu dapat menggunakan kabel Lightning ke USB-C atau Lightning ke USB-A jika memiliki salah satu model iPhone di bawah ini.

1. iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro, dan 14 Pro Max

2. iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max

3. iPhone 12, 12 mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max

4. iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max

5. iPhone SE (generasi ke-1, ke-2, dan ke-3)

6. iPhone X, XR, XS, dan XS Max

7. iPhone 8 dan 8 Plus

8. iPhone 7 dan 7 Plus

9. iPhone 6, 6 Plus, 6S, dan 6S Plus

10. iPhone 5, 5C, dan 5S

Di antara kedua jenis kabel ini, kabel USB-C ke Lightning akan mengisi daya iPhone kamu jauh lebih cepat daripada kabel USB-A ke Lightning. Jadi jika waktu pengisian daya yang lebih cepat adalah salah satu prioritas kamu, disarankan untuk memilih yang pertama.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah adaptor daya. Misalnya, jika kamu sudah memiliki adaptor daya USB-A, kamu bisa memilih untuk membeli kabel Lightning ke USB-A. Kamu bisa menghemat uang dengan cara ini karena tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli adaptor daya baru hanya untuk mencocokkan kabel baru.

3. Kabel 30-Pin ke USB-A

Cara mengetahui kabel dan adaptor daya yang cocok untuk iPhone kamu, jangan salah pilih foto: makeuseof

Port iPhone 30-pin yang asli digunakan dari tahun 2007 hingga 2012. iPhone berikut ini membutuhkan kabel 30-pin ke USB-A.

1. iPhone 4 dan 4S

2. iPhone 3G dan 3GS

3. iPhone (generasi pertama)

(brl/red)