Cara mengembalikan kontak yang terhapus di Android dan iPhone, pahami juga syarat yang diperlukan

Cara mengembalikan kontak yang terhapus di Android dan iPhone, pahami juga syarat yang diperlukan

Techno.id - Smartphone merupakan salah satu perangkat kekinian yang banyak digunakan sebagai alat penunjang kebutuhan harian. Kemudahan penggunaan smartphone berkat spesifikasi andal yang dibawakan membuat perangkat tersebut bisa digunakan untuk berkomunikasi, mengakses hiburan, mendapat informasi terkini, dan masih banyak lagi.

Menyinggung soal berkomunikasi, sebuah smartphone bisa digunakan untuk berkomunikasi saat terdapat nomor yang dituju pada perangkat tersebut. Untungnya setiap smartphone memberikan fitur yang dapat digunakan untuk menyimpan kontak berupa nomor telepon orang lain. Dengan adanya fitur tersebut, menghubungi orang yang ingin diajak berkomunikasi tentu bisa dilakukan dengan mudah.

Namun sebagai perangkat elektronik, beberapa kemungkinan terburuk seperti kontak terhapus bukan hal mustahil untuk terjadi. Masalah tersebut tentu menjadi mimpi buruk terlebih jika kontak pada smartphone berisi banyak nomor penting yang sering dihubungi.

Namun masalah tersebut tentu bukan tanpa solusi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kontak terhapus di smartphone Android dan iPhone. Meskipun kontak bisa dikembalikan, namun ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan agar keperluan tersebut bisa direalisasikan dengan mudah.

Berkenaan dengan masalah tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (28/12), cara mengembalikan kontak yang terhapus di Android dan iPhone.

Cara mengembalikan kontak yang terhapus di Android dan iPhone

Pada dasarnya, sudah ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kontak terhapus pada perangkat Android maupun iPhone. Namun semua cara mengembalikan kontak tersebut pada dasarnya sama. Kamu perlu melakukan backup secara berkala pada kontak yang kamu miliki. Cara lainnya adalah menyimpan kontak pada akun Google yang ada pada smartphone kamu.

Kamu tidak akan bisa menggunakan aplikasi tambahan apapun yang ada di Play Store maupun App Store untuk mengembalikan kontak yang terhapus jika sebelumnya tidak melakukan backup. Maka dari itu, sangat disarankan bagi kamu yang masih menggunakan smartphone anyar untuk menyimpan semua kontak pada akun Google atau pada perangkat iPhone bisa memanfaatkan iCloud. Untuk mulai mengembalikan kontak yang terhapus, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Mengembalikan kontak yang terhapus menggunakan aplikasi Google Contact.

Cara mengembalikan kontak yang terhapus di Android dan iPhone, pahami juga syarat yang diperlukan

foto: isorepublic.com

Sesuai yang telah dijelaskan di atas, jika kontak kamu sudah tersimpan pada akun Google atau telah tersinkronisasi pada akun tersebut, penggunaan aplikasi tambahan bisa menjadi salah satu solusi. Kamu bisa mendownload aplikasi Google Contact baik pada Android maupun iPhone untuk mengembalikan kontak yang telah terhapus. Kamu bisa simak ulasan berikut untuk menggunakan Google Contact sebagai aplikasi pengembali kontak.

1. Download Google Contact pada laptop atau komputer yang kamu miliki.
2. Klik Lainnya pada menu sebelah kiri kemudian pilih Perubahan.
3. Atur waktu sebelum kontak kamu terhapus kemudian klik Recovery.
4. Agar cara ini berhasil, kamu perlu melakukan sinkronisasi Google Contact pada laptop dan komputer dengan perangkat Android maupun iPhone yang digunakan.
5. Buka menu Setting pada smartphone kamu kemudian masuk ke Account lalu buka Google Account.
6. Klik Sync Now kemudian tunggu hingga proses sinkronisasi selesai.
7. Jika proses sinkronisasi sudah selesai, buka aplikasi kontak kamu untuk memeriksa daftar yang berhasil dikembalikan.

2. Mengembalikan kontak yang terhapus menggunakan fitur restore.

Cara mengembalikan kontak yang terhapus di Android dan iPhone, pahami juga syarat yang diperlukan

foto: isorepublic.com

Cara satu ini pada dasarnya termasuk cukup mudah untuk dilakukan. Kamu tidak perlu menggunakan bantuan aplikasi atau perangkat tambahan. Hanya dengan memanfaatkan menu dan fitur yang ada pada akun Google, kamu bisa mengembalikan kontak yang tidak sengaja terhapus. Untuk mulai menggunakan fitur satu ini, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Buka menu Pengaturan di smartphone kamu.
2. Scroll ke bawah hingga menemukan fitur Google kemudian klik.
3. Scroll lagi ke bawah hingga menjumpai Menyiapkan & Memulihkan lalu klik.
4. Pilih Pulihkan Kontak kemudian pilih akun Google mana yang kamu gunakan untuk menyimpan kontak.
5. Tunggu hingga proses pemulihan selesai kemudian buka aplikasi kontak pada smartphone kamu untuk memeriksa hasilnya.

3. Mengembalikan kontak yang terhapus menggunakan iCloud.

Cara mengembalikan kontak yang terhapus di Android dan iPhone, pahami juga syarat yang diperlukan

foto: isorepublic.com

Bagi kamu pengguna iPhone yang mengeluhkan kontak terhapus pada perangkat tersebut, memanfaatkan iCloud untuk mengembalikan kontak yang terhapus adalah solusi yang cukup bijak. Namun sama seperti pada smartphone Android, kamu perlu menyimpan kontak pada iCloud atau setidaknya rajin melakukan sinkronisasi untuk membackup data kontak yang dimiliki. Jika syarat tersebut sudah terpenuhi, kamu bisa simak ulasan berikut untuk mengembalikan kontak yang terhapus.

1. Buka icloud.com kemudian masuk ke menu Account Settings.
2. Scroll ke bawah hingga menemukan menu Advance, kemudian klik opsi tersebut lalu pilih Restore Contact.
3. Klik Restore Next lalu pilih waktu sebelum kontak kamu tidak sengaja terhapus.
4. Jika sudah, pilih Restore Again To Confirm untuk mulai melakukan pengembalian kontak pada iPhone kamu.
5. Tunggu hingga prosesnya selesai dan kamu akan mendapat notifikasi melalui icloud.com dan akun Gmail.


(brl/guf)