Cara mudah mengatasi nomor telepon diblokir untuk menggunakan WhatsApp

Cara mudah mengatasi nomor telepon diblokir untuk menggunakan WhatsApp

Techno.id - WhatsApp memang menjadi platform andalan untuk berkomunikasi secara digital setiap hari. Ada banyak fitur dari WhatsApp yang dapat digunakan oleh pengguna. Mulai dari chatting, panggilan video dan audio, serta status WA yang membuat interface makin seru. Tak ayal WhatsApp yang kini dikembangkan oleh Meta menjadi platform dengan banyak pengguna terutama di Indonesia.

Kamu pernah mengalami kendala dalam penggunaan WhatsApp? Seperti mendapatkan notifikasi "nomor telepon Anda diblokir untuk menggunakan WhatsApp" yang tiba-tiba muncul di layar perangkat ketika hendak login ke akun?

Jika kamu mengalami masalah tersebut, artinya nomor atau akun WhatsApp yang digunakan telah diblokir. Penyebabnya bisa beragam. Namun secara mendasar akun WA yang diblokir karena telah melakukan aktivitas yang melanggar Ketentuan Layanan WhatsApp. Sebagai contoh pengguna mengirimkan pesan spam, penipuan, dan aktivitas membahayakan keamanan pengguna WhatsApp.

Akan tetapi pemblokiran tak harus pengguna melakukan pelanggaran. Bisa saja terdapat kesalahan dari sistem WhatsApp yang membuat akun terblokir. Oleh karena itu, jika masalah tersebut muncul jangan buru-buru panik ya. Terlebih kamu tidak melakukan pelanggaran Ketentuan Layanan WhatsApp.

Dilansir dari berbagai sumber, techno.id telah berhasil merangkum cara mengatasi nomor telepon diblokir untuk menggunakan WhatsApp pada Jumat (25/11). Yuk ikut langkah-langkahnya agar akun kamu balik lagi.

Cara mudah mengatasi nomor telepon diblokir untuk menggunakan WhatsApp

Cara mudah mengatasi nomor telepon diblokir untuk menggunakan WhatsApp

foto: www.whatsapp.com/contact

Secara umum, pengguna WhatsApp personal bukan bisnis dapat mengetuk opsi "Dukungan" atau "Support" ketika notifikasi atau peringatan nomor telepon diblokir untuk menggunakan WhatsApp muncul.

Setelah itu, pengguna akan diberikan formulir untuk menjelaskan kronologi maupun keluhan yang dialami. Kamu juga bisa mengirimkan screenshot aktivitas sebelumnya atau ketika masalah muncul sebagai bukti penguat.

Pengguna juga bisa memberikan informasi dengan mengisi formulir berisikan nomor telepon, alamat e-mail, jenis perangkat yang dipakai, serta keluhan yang ingin disampaikan.

Bagi kamu pengguna WhatsApp Business, bisa mengirimkan keluhan pemblokiran melalui email di smb_web@support.whatsapp.com.

Setelah form dikirimkan, WhatsApp akan memeriksa isi dari pesan keluhan yang disampaikan. Perlu dicatat pengguna akan diberikan 6 digit kode pendaftaran yang dikirim melalui SMS. Jadi pastikan nomor kamu aktif ya sobat techno.

Apabila kode telah dimasukkan, pengguna dapat mengirimkan permintaan untuk peninjauan dan menambahkan rincian kronologi atas kasus pemblokiran yang dialami. Setelah akun telah dipulihkan, pengguna dapat mendaftar ulang nomor telepon di WhatsApp.

Itulah cara untuk mengatasi nomor telepon diblokir untuk menggunakan WhatsApp. Selain itu, pengguna juga dapat memberikan keluhan lain melalui cara berikut ini:

- Buka aplikasi WhatsApp
- Ketuk "setelan"
- Ketuk "Bantuan"
- Ketuk "Hubungi Kami"
- Tulis keluhan yang ingin dilaporkan
- Apabila laporan sudah lengkap, Ketuk "Lanjut" untuk mengirim

Cukup mudah dan praktis. Apabila akun WhatsApp telah kembali, ada baik untuk menggunakan platform lebih bijak lagi. Sebaiknya kamu bisa memakai WhatsApp sesuai ketentuan yang berlaku dan bertanggung jawab atas semua hal saat menggunakan WhatsApp. Selamat mencoba!

(brl/guf)