Cara mengatur ulang FYP TikTok kamu agar bisa menonton konten sesuai selera

Cara mengatur ulang FYP TikTok kamu agar bisa menonton konten sesuai selera

Techno.id - Sebagai pengguna TikTok mungkin kamu sering mendapat konten video yang terlalu banyak, padahal kamu tidak menyukainya. Ya, TikTok sering merekomendasikan kontenvideo. Namun terkadang prediksi minat kamu bisa jauh dari sasaran. Artinya video-video yang disarankan TikTok tidak sesuai dengan keinginan kamu.

Jika hal ini terjadi, kamu bisa mengatur ulang For You Page (FYP) TikTok kamu agar aplikasi menampilkan video yang benar-benar kamu minati. Berikut cara efektif untuk menyempurnakan umpan kamu, sehingga aplikasi menampilkan konten yang disesuaikan dengan preferensi kamu.

1. Segarkan umpan kamu

Cara mengatur ulang FYP TikTok kamu agar bisa menonton konten sesuai selera foto: unsplash/nik

Langkah paling penting yang harus diambil saat kamu berurusan dengan video adalah mengatur ulang umpan sepenuhnya. Fitur penyegaran umpan menghapus pola dan preferensi umpan kamu yang ada, sehingga TikTok dapat membangun kembali preferensi konten kamu dari awal. Untuk mengatur ulang umpan TikTok kamu, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka aplikasi TikTok dan ketuk ikon Profil di kanan bawah layar.

2. Ketuk ikon hamburger (garis susun tiga) di pojok kanan atas halaman profil kamu.

3. Dari menu pop-up, pilih Pengaturan dan privasi, lalu pilih Preferensi Konten.

4. Ketuk Segarkan umpan Untuk kamu, lalu Lanjutkan. Terakhir, ketuk Segarkan untuk menyelesaikan proses.

Cara ini memungkinkan kamu membangun kembali umpan dari awal.

2. Tandai konten sebagai "Tidak Tertarik"

Cara mengatur ulang FYP TikTok kamu agar bisa menonton konten sesuai selera foto: unsplash/kajetan sumila

Setelah menyegarkan umpan, ubah FYP TikTok agar sesuai dengan preferensi kamu. Misalnya, jika kamu menemukan banyak video terkait automotif di FYP yang diperbarui, cukup tekan lama video automotif apa pun yang kamu temui dan ketuk "Tidak Tertarik". Lakukan ini untuk sebanyak mungkin video automotif yang kamu temui.

Kamu dapat melangkah lebih jauh dengan tidak menyukai kategori konten yang kamu sukai sebelumnya yang tidak ingin kamu lihat lagi di FYP. Misalnya, kamu dapat kembali ke profil dan "Tidak Menyukai" video automotif yang sebelumnya kamu sukai, untuk mengirimkan sinyal ke algoritma bahwa kamu tidak lagi tertarik dengan video automotif. Begini cara mengatur agar tidak menyukai video yang kamu sukai sebelumnya. Begini caranya.

1. Ketuk ikon Profil di bagian bawah layar untuk membuka halaman profil kamu.

2. Ketuk ikon hati tepat di bawah bio kamu untuk menampilkan video yang kamu sukai.

3. Gulir ke seluruh video, klik jenis video yang ingin kamu hentikan melihatnya dan ketuk ikon hati merah untuk "tidak menyukainya".

Mulai sekarang, kamu perlu terus berupaya untuk menyukai dan menonton ulang konten yang kamu sukai sambil menunjukkan ketidaktertarikan pada postingan yang tidak kamu sukai.

(brl/red)