TikTok siap luncurkan fitur berbagi foto, diklaim bakal jadi pesaing Instagram

TikTok siap luncurkan fitur berbagi foto, diklaim bakal jadi pesaing Instagram

Techno.id - TikTok adalah salah satu jejaring sosial paling popular sekaligus kontroversial. Bagaimana tidak, aplikasi video ini memaksa Instagram dan YouTube harus menyalin bentuk baru berbagi konten video pendek melalui Reels (Instagram) dan Shorts (YouTube). Artinya Meta dan Google mencoba bersaing dengan format video pendek TikTok yang sangat popular.

Kontroversinya, pemerintah Amerika Serikat (AS) telah mencoba melarang TikTok secara nasional. Aplikasi tersebut juga sudah tidak dapat digunakan pada perangkat tertentu yang dikeluarkan pemerintah AS. Tindakan serupa juga telah dilakukan di Uni Eropa (UE).

Alasannya, pemerintah AS dan UE mengkhawatirkan privasi data dan potensi pengaruh pemerintah China. Meski begitu TikTok terus bergerak maju. Malah kabarnya, saat ini TikTok sedang bersiap untuk meluncurkan aplikasi Foto TikTok baru yang tampaknya bakal menyaingi Instagram.

TikTok siap luncurkan fitur berbagi foto, diklaim bakal jadi pesaing Instagram foto: thespandroid.blogspot

Instagram mungkin mendukung video pendek seperti TikTok, tetapi fitur inti Instagram adalah berbagi foto. Hal itulah yang membuat Instagram popular dan meyakinkan Meta (saat itu Facebook) untuk membeli Instagram.

Nah TikTok tidak memiliki fungsi itu. Fokus utama aplikasi ini adalah berbagi klip video pendek, meskipun pengguna juga dapat berbagi foto. Rencana peluncuran fitur Foto TikTok mungkin akan memperbaikinya. Karena itu muncul asumsi TikTok akan segera meluncurkan fitur tersebut.

Apalagi seorang pengembang melihat kode untuk aplikasi "Foto TikTok" baru saat melihat kode aplikasi tersebut. Pengembang tersebut baru-baru ini melihat kode yang menunjukkan bahwa TikTok sedang mengerjakan aplikasi berbagi foto baru yang disebut "TikTok Photos."

TikTok siap luncurkan fitur berbagi foto, diklaim bakal jadi pesaing Instagram foto: thespandroid.blogspot

Kode tersebut menyertakan bahasa bahwa Foto TikTok akan segera diluncurkan dan menyiratkan pembuat konten dapat menyinkronkan foto yang mereka unggah di TikTok ke aplikasi baru secara otomatis.

Namun belum jelas kapan fitur itu akan debut. Tetapi sepertinya TikTok sedang menyiapkan untuk rilis fitur baru tersebut. Seperti dilaporkan TheSpAndroid.blogspot, ada kode versi TikTok terbaru untuk Android dan menemukan banyak referensi ke Foto TikTok.

Kabarnya fitur ini sebagai aplikasi terpisah. Sebab, TikTok menyiratkan fitur Foto TikTok sebagai aplikasi yang berbeda. Kendati begitu, diprediksi fitur ini akan membantu lonjakan Foto TikTok di App Store dan Google Play setelah tersedia untuk diunduh.

TikTok siap luncurkan fitur berbagi foto, diklaim bakal jadi pesaing Instagram foto: thespandroid.blogspot

Belum ada indikasi kapan Foto TikTok akan diluncurkan. Tapi diprediksi rilis tidak akan terlalu jauh jika TikTok siap menempatkan semua referensi Foto TikTok tersebut di aplikasi utama.

Sekadar mengigatkan, TikTok meluncurkan aplikasi Vision Pro khusus baru-baru ini. Foto TikTok bisa menjadi bagian dari itu. Artinya aplikasi Foto TikTok untuk Vision Pro juga akan tersedia setelah aplikasi selular diluncurkan.

(brl/red)