TikTok kamu tidak berfungsi? Begini 8 Cara memperbaikinya

TikTok kamu tidak berfungsi? Begini 8 Cara memperbaikinya

Techno.id - Apakah kamu mencoba merekam video TikTok atau ingin menghabiskan beberapa jam menggulir FYP kamu, tetapi TikTok justru tidak berfungsi? Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab TikTok tidak bisa berfungsi dengan baik.

Berikut Techno.id telah menyusun daftar solusi pemecahan masalah untuk membantu kamu mengaktifkan kembali TikTok yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Periksa apakah TikTok sedang down

TikTok kamu tidak berfungsi? Begini 8 Cara memperbaikinya foto: downdetector

Jika kamu tidak dapat masuk ke akun TikTok atau video gagal dimuat, kemungkinan besar server TikTok sedang down atau dalam pemeliharaan di wilayah kamu atau di seluruh dunia.

Kamu dapat memeriksa apakah ini masalahnya dengan menuju ke halaman status TikTok Downdetector. Situs web akan memungkinkan kamu untuk memeriksa apakah pengguna di wilayah kamu telah melaporkan masalah serupa.

Sayangnya, tidak ada yang bisa kamu lakukan dalam situasi ini selain menunggu dengan sabar. Namun, ada baiknya untuk mengesampingkan kemungkinan ini sebelum mencoba perbaikan lainnya.

2. Periksa koneksi internet

TikTok kamu tidak berfungsi? Begini 8 Cara memperbaikinya foto: testmy.net

Jika server TikTok tampaknya aktif dan berfungsi, TikTok mungkin tidak berfungsi di pihak kamu karena koneksi internet yang lemah. Dalam situasi ini, sebaiknya kunjungi situs web yang memungkinkan kamu menguji kecepatan internet seperti TestMy.net.

Jika hasilnya menunjukkan bahwa internet kamu salah, coba ulai ulang router atau menghubungi ISP kamu untuk memperbaiki koneksi Wi-Fi yang tidak stabil. Jika tidak dapat terhubung ke Wi-Fi, kamu dapat terhubung ke data selular sebagai gantinya.

3. Kosongkan cache TikTok

TikTok kamu tidak berfungsi? Begini 8 Cara memperbaikinya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, sebagian besar aplikasi media sosial menggunakan data cache, tidak terkecuali TikTok. Jika kamu memerhatikan bahwa TikTok tampaknya banyak mengalami gangguan meskipun tidak ada masalah dengan koneksi internet atau aplikasi TikTok tidak dapat diluncurkan sepenuhnya, ada baiknya mengosongkan cache TikTok.

Melakukan cara ini pada dasarnya menghapus semua file dan data sementara yang disimpan TikTok di aplikasi. Inilah yang perlu kamu lakukan.

1. Buka TikTok dan ketuk profil di sudut kanan bawah layar untuk membuka akun TikTok kamu.

2. Ketuk ikon tiga garis di pojok kanan atas layar.

3. Pilih Pengaturan dan privasi.

4. Sekarang, ketuk Kosongkan ruang di bawah Cache & Selular.

5. Terakhir, pilih Hapus di sebelah Cache. Ketuk Hapus sekali lagi untuk mengonfirmasi keputusan kamu.

4. Paksa berhenti TikTok

TikTok kamu tidak berfungsi? Begini 8 Cara memperbaikinya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu memperhatikan bahwa TikTok macet di halaman atau video tertentu, atau aplikasi tidak merespons, coba hentikan secara paksa. Jika kamu menggunakan perangkat Android, inilah yang perlu dilakukan.

1. Buka aplikasi Pengaturan perangkat kamu.

2. Ketuk Aplikasi dan gulir daftar hingga kamu menemukan TikTok. Kamu juga dapat menggunakan alat pencarian untuk menemukan TikTok.

3. Ketuk Force Stop di pojok kanan bawah layar.

4. Tekan OK

Meskipun kamu dapat menghentikan paksa aplikasi di Android melalui aplikasi Pengaturan di perangkat, satu-satunya cara untuk memulai paksa aplikasi yang tidak merespons atau dibekukan di iOS adalah dengan menutup aplikasi di iPhone, tunggu beberapa detik, dan buka lagi.

Geser ke atas dari bagian bawah layar atau ketuk dua kali tombol Beranda hingga Pengalih Aplikasi muncul. Terus geser ke kiri ke kanan hingga kamu menemukan TikTok, lalu geser ke atas pada pratinjaunya untuk menutupnya. Sekarang, tunggu beberapa detik dan luncurkan lagi untuk melihat apakah masalah tetap ada.

(brl/red)