Cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi

Cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi

Cara merawat touchpad laptop

Selain masalah umum yang telah dijelaskan di atas, touchpad laptop terkadang gagal karena masalah lain seperti permukaan yang kotor atau kerusakan sistem. Untuk menghindari masalah, touchpad laptop juga perlu diperhatikan. Ini cara merawat touchpad laptop yang mudah.

1. Membersihkan permukaan touchpad yang kotor

Hal ini mungkin terlihat sepele, namun ternyata berdampak besar pada kontinuitas touchpad di laptop. Touchpad mengandalkan sensor motor di permukaannya.

Jika permukaan touchpad jarang dibersihkan, mungkin inilah penyebab utama tidak berfungsinya touchpad. Bersihkan touchpad laptop secara teratur, setidaknya setelah digunakan.

2. Pindai laptop dengan program antivirus

Virus komputer memang paling berbahaya, karena selain itu ada resiko menginfeksi atau merusak sistem file (yang bisa menyebabkan sistem crash, misalnya tidak bisa booting).

Selain itu, virus pada komputer juga dapat menyebabkan sistem operasi crash saat mengontrol perangkat hardware, termasuk touchpad.

Tindakan paling umum dalam kasus kerusakan virus komputer pada sistem operasi adalah memindainya dengan antivirus dan memilih antivirus dengan peringkat terbaik, AVG, Bitdefender, Avira, dll.

Cara mengganti touchpad laptop

Sebenarnya cara ini cukup riskan jika kamu tidak terbiasa bekerja dengan laptop, namun kamu tetap bisa melakukannya. Hal pertama yang harus dipahami adalah komponen touchpad ada di dalam laptop. Jadi jika ingin mengganti komponen tersebut, kamu harus membongkar seluruh bagian laptop.

Ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran Berikut adalah alat dan langkah-langkah yang harus diikuti:

Siapkan komponen perangkat keras yang diperlukan:

- Pastikan laptop dimatikan
- Lepas baterai dari laptop
- Lepas rangka atas laptop dengan melepas sekrup di bagian belakang atau melepas sumbat.
- Lepaskan sekrup keyboard di sudut kanan atas dan kiri
- Angkat perlahan atau hati-hati (kesalahan umum: saat kamu membuka keyboard untuk pertama kali, jika kamu mengangkatnya terlalu banyak, keyboard dan kabel flex keyboard akan break Trackpads)
- Putuskan sambungan kabel keyboard dari papan laptop.
- Setelah melepas dan mengganti komponen trackpad, pasang kembali seperti semula dan coba hidupkan kembali.

Sebelum membawa unit ke service center, cobalah beberapa saran dan perbaikan di atas. Jika kamu sedang terburu-buru, kamu dapat menggunakan mouse untuk memilih alternatif.

Magang: Zadun Naja

(brl/guf)