Cara menganalisis kesehatan baterai laptop dengan alat tersembunyi di Windows

Cara menganalisis kesehatan baterai laptop dengan alat tersembunyi di Windows

Techno.id - Baterai laptop adalah perangkat keras yang penting, namun kita sering kali kurang mengetahui tentang kesehatannya. Laptop Windows juga tidak akan memberikan informasi yang cukup. Umumnya hanya menampilkan indikator baterai kecil dengan waktu dan persentase yang tersisa di permukaan.

Seiring waktu, kamu akan melihat beberapa kesalahan baterai yang muncul. Baterai berhenti mengisi daya. Indikator tingkat pengisian daya menunjukkan pembacaan yang berfluktuasi. Perkiraan debit yang salah juga sering terjadi.

Mengapa kamu harus memantau kesehatan baterai laptop?

Cara menganalisis kesehatan baterai laptop dengan alat tersembunyi di Windows foto: freepik

Baterai adalah perangkat kimia portabel dengan sumber daya terbatas. Pada dasarnya, baterai memiliki respons tegangan yang rumit terhadap beban, suhu, dan usia sel. Kesehatan baterai memengaruhi kinerja perangkat dan waktu pengoperasian. Kamu harus memantau kesehatan baterai laptop karena beberapa alasan ini.

1. Kapasitas baterai berubah seiring waktu. Akibatnya, indikator pengisian daya akan menunjukkan pembacaan yang tidak konsisten. Ketika kondisi ini terjadi, kamu akan tahu kapan harus mengalibrasi baterai.

2. Penggunaan baterai yang salah dapat memperpendek masa pakainya. Ketika kamu mulai memantau kesehatan baterai laptop, kamu dapat mengambil langkah perbaikan untuk meningkatkan usia pakai baterai.

3. Cara ini dapat membantu mencegah masalah lain, seperti laptop tidak mengisi daya saat dicolok ke sumber listrik.

Ketika baterai rusak atau ada masalah lain dalam sistem, kamu mungkin melihat pesan No Battery is Detected pada Windows. Masalah ini akan teratasi setelah melakukan siklus daya lengkap pada perangkat. Nah untuk memantau kesehatan baterai laptop Windows 10 dan 11, kamu bisa menggunakan alat tersembunyi di Windows.

(brl/red)