Cara mengatur ulang setelan pabrik Windows 11 tanpa kata sandi admin

Cara mengatur ulang setelan pabrik Windows 11 tanpa kata sandi admin

Techno.id - Pengaturan ulang (reset) setelan pabrik dapat membantu kamu memperbaiki masalah kritis dan meningkatkan kinerja sistem perangkat baik laptop atau smartphone. Untuk smartphone mungkin sudah banyak diulas.

Kali ini Techno.id ingin menyajikan cara mereset setelan pabrik untuk laptop. Kamu dapat melakukannya menggunakan opsi Pemulihan di aplikasi Pengaturan. Untuk melakukannya, kamu harus masuk dengan akun administrator.

Namun, bagaimana jika kamu lupa kata sandi administrator atau tidak bisa masuk ke perangkat? Untuk situasi seperti ini, Windows 11 menawarkan beberapa cara alternatif mengatur ulang komputer sesuai setelan pabrik.

Kamu dapat mereset setelan pabrik Windows 11 tanpa kata sandi admin dari layar kunci atau dengan menggunakan media instalasi Windows yang dapat di-boot. Begini caranya.

1. Cara mereset setelan pabrik Windows 11 tanpa kata sandi dari layar masuk

Cara mengatur ulang setelan pabrik Windows 11 tanpa kata sandi admin foto: tangkapan layar

Jika komputer kamu dapat melakukan booting secara normal tetapi tidak dapat masuk, kamu dapat mengatur ulang komputer Windows 11 dari layar login. Untuk melakukannya, kamu harus boot ke Windows Recovery Environment (WinRE) untuk mengakses Windows Advanced Startup Options.

Fitur ini terdiri dari banyak alat pemecahan masalah, termasuk opsi Reset this PC yang memungkinkan kamu melakukan pengaturan ulang tanpa masuk ke komputer. Opsi ini juga berguna jika kamu perlu menginstal ulang Windows 11 tanpa menghapus file pribadi. Namun, proses ini akan menghapus aplikasi dan pengaturan kamu. Begini Langkah-langkah mereset ulang setelan pabrik Windows 11 tanpa kata sandi admin menggunakan WinRE.

1. Nyalakan PC dan tunggu hingga layar login muncul. Di sudut kanan bawah, klik opsi Power. Ini akan menampilkan opsi Restart dan Shutdown. Jangan klik keduanya dulu.

2. Tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard kamu dan klik tombol Restart. Jika perlu, klik Restart Anyway untuk menghidupkan ulang PC secara paksa. Lepaskan tombol Shift saat kamu melihat layar harap tunggu.

Cara mengatur ulang setelan pabrik Windows 11 tanpa kata sandi admin foto: tangkapan layar

3. PC kamu sekarang akan dihidupkan ulang dan masuk ke WinRE.

4. Pada layar Pilih opsi, klik opsi Troubleshoot.

5. Pada layar Troubleshoot, klik Reset this PC (Atur ulang PC ini).

6. Pada layar Reset this PC, kamu akan dihadapkan pada dua pilihan. Opsi Keep my files (Simpan file saya) akan menghapus semua aplikasi dan pengaturan pihak ketiga dari PC kamu, tetapi tetap menyimpan file pribadi seperti dokumen, media, dan lain sebagainya. Jika kamu ingin menghapus semuanya, pilih Hapus semuanya.

7. Selanjutnya, kamu akan dihadapkan pada dua opsi lagi untuk menginstal ulang Windows. Jika kamu memilih Cloud Download, Windows akan mengunduh file sistem operasi yang diperlukan terlebih dahulu dan kemudian melakukan instalasi ulang. Sebagai perbandingan, Penginstalan Ulang Lokal akan menggunakan file sistem yang ada dari perangkat untuk menginstal ulang Windows.

Cara mengatur ulang setelan pabrik Windows 11 tanpa kata sandi admin foto: tangkapan layar

8. Untuk mempercepat prosesnya, pilih Instal ulang lokal. Jika tidak berhasil, kamu dapat menggunakan opsi Unduh Cloud.

9. Pada layar Apakah kamu siap untuk mengatur ulang perangkat ini, klik tombol Reset untuk mengonfirmasi tindakan dan memulai proses pengaturan ulang.

Selama proses tersebut, Windows akan mengatur ulang perangkat kamu terlebih dahulu untuk menghapus semua data, kecuali jika kamu memilih opsi Simpan file saya, lalu menginstal ulang sistem operasi. Mungkin diperlukan beberapa saat untuk menyelesaikan proses ini, jadi biarkan perangkat kamu dalam keadaan diam dan terhubung ke stopkontak.

Cara mengatur ulang setelan pabrik Windows 11 tanpa kata sandi admin foto: tangkapan layar

Jika proses pengaturan ulang gagal dan meminta file sistem tambahan, gunakan opsi unduhan Cloud untuk melakukan pengaturan ulang dan coba lagi. Hal ini sering terjadi jika instalasi Windows yang ada tidak memiliki file sistem yang penting atau rusak.

(brl/red)