8 Tips menjalankan laptop Windows saat kondisi baterai lemah

8 Tips menjalankan laptop Windows saat kondisi baterai lemah

Techno.id - Sebagian besar produsen laptop mengklaim bahwa produk mereka bisa bertahan hingga lebih dari 10 jam pemakaian. Namun faktanya sering kali berbeda. Tidak jarang justru laptop hanya mampu bertahan kurang dari 10 jam.

Cara sederhana dan cepat saat baterai laptop lemah adalah dengan menyambungkan ke sumber daya listrik. Namun bagaimana jika di tempat kamu menggunakan laptop tidak ada sumber daya listrik?

Karena itu kamu perlu melakukan cara cerdas untuk memperpanjang masa pakai baterai. Berikut Techno.id rangkum beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperpanjang penggunaan baterai laptop Windows kamu.

1. Nonaktifkan Bluetooth, Wi-Fi dan lokasi

8 Tips menjalankan laptop Windows saat kondisi baterai lemah foto: freepik/domestudio

Meskipun Bluetooth, Wi-Fi, dan layanan lokasi GPS sangat penting bagi sebagian besar pengguna modern, bukan rahasia lagi bahwa fitur-fitur tersebut juga menghabiskan banyak sumber daya. Kapan pun diaktifkan, deretan fitur tersebut akan menggunakan perangkat pemancar dan penerima yang sangat penting untuk komunikasi yang tentunya membutuhkan sumber daya baterai.

Karena itu, menonaktifkan fitur-fitur ini merupakan ide cerdas, saat kamu bekerja dengan baterai laptop yang lemah. Jadi, matikan Bluetooth, Wi-Fi, dan layanan lokasi. Maka kamu akan melihat penurunan, betapapun kecilnya, dalam urusan konsumsi daya.

2. Turunkan kecerahan layar

8 Tips menjalankan laptop Windows saat kondisi baterai lemah foto: freepik

Layar yang terang sangat bagus untuk membaca teks, menonton film, dan banyak lagi. Namun, fungsi tersebut juga dapat menjadi masalah besar pada laptop, karena semakin tinggi kecerahannya, semakin tinggi pula konsumsi daya yang dibutuhkan.

Karena itu, ketika kamu berada dalam kondisi kehabisan baterai atau daya, cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk sementara adalah mengurangi kecerahan layar laptop hingga kamu dapat mengisi dayanya kembali.

3. Hentikan multitasking

8 Tips menjalankan laptop Windows saat kondisi baterai lemah foto: freepik

Jika baterai laptop kamu dalam kondisi penuh, mungkin bekerja dalam format multitasking sangat membantu. Kamu bisa membuka lembar kerja sambil berselancar di internet, mendengarkan musik, atau bermain game.

Namun jika kondisi baterai laptop kamu lemah, maka multitasking bisa menjadi bencana. Sebab, semakin banyak jendela yang dibuka maka akan semakin besar membutuhkan konsumsi daya.

Jadi, selagi belum ada pengisi daya kembali, sebaiknya tutup semua tugas di belakang layar, dan kerjakan satu per satu. Dengan cara ini, kamu akan menghemat banyak daya tahan baterai.

4. Nonaktifkan proses latar belakang yang tidak dibutuhkan

8 Tips menjalankan laptop Windows saat kondisi baterai lemah foto: freepik/qalebstudio

Berhenti melakukan multitasking, itu bagus. Akan tetapi, itu tidak cukup. Selain multitasking biasa, Windows memiliki banyak proses latar belakang yang menghabiskan sumber daya sistem. Seperti setiap aplikasi atau program lain, semuanya memakan sebagian baterai atau daya komputer.

Meskipun beberapa dari proses ini mungkin diperlukan, disarankan kamu menonaktifkan sebanyak mungkin proses yang aman sampai kamu mencolokkan pengisi daya ke komputer. Tutup sebanyak mungkin aplikasi pihak ketiga. Ketika kamu mematikan proses latar belakang yang tidak penting, maka akan menghemat banyak baterai.

(brl/red)