Bocoran spesifikasi kamera iPhone 15 yang akan segera diluncurkan  

Bocoran spesifikasi kamera iPhone 15 yang akan segera diluncurkan  

Techno.id - Peluncuran iPhone 15 tinggal menghitung hari. Boleh jadi jutaan pengguna Apple sudah mempertimbangkan untuk meng-upgrade perangkat mereka. Mungkin saja sejak beberapa hari terakhir mereka sudah mengetahui sejumlah bocoran dari rencana empat varian iPhone 15 yang akan diluncurkan. Mungkin mereka sudah mempertimbangkan model apa yang akan dibeli.

Maklum, dari berbagai bocoran yang muncul, model iPhone 15 Pro kabarnya mendapatkan peningkatan yang paling menarik. Namun pengguna harus membayar dengan harga yang lebih tinggi.

Sementara iPhone 15 dan 15 Plus akan menjadi proposisi yang jauh lebih baik daripada pendahulunya. Namun beberapa pengguna Apple mungkin berpikir kedua perangkat tersebut sangat mirip dengan iPhone 14 Pro.

Bocoran spesifikasi kamera iPhone 15 yang akan segera diluncurkan foto: X (@theapplehub)

Nah baru-baru ini, laman MacRumors mengungkapkan bocoran mengenai kamera iPhone 15. Fitur kamera kerap menjadi salah satu pertimbangan utama para pengguna Apple untuk memilikinya.

Tahun ini, iPhone 15 Pro Max akan menjadi satu-satunya model yang mendapatkan lensa zoom periskop. Selain itu, iPhone 15 dan 15 Plus akan menampilkan kamera 48 megapiksel, seperti iPhone 14 Pro dan 15 Pro. Kabarnya iPhone 15 dan 15 Plus mungkin akan mendapatkan sensor bertumpuk baru dari Sony. Itu adalah transistor 2 lapis (fotodioda + piksel) Sony. Bocoran kamera iPhone 15 dari MacRumors menyebutkan informasi rinci untuk spesifikasi kamera masing-masing iPhone.

iPhone 15 dan 15 Plus

Bocoran spesifikasi kamera iPhone 15 yang akan segera diluncurkan foto: X (kostya konovalov/@aaple_lab)

Model iPhone 15 termurah akan mendapatkan kamera utama dengan sensor gambar 48 megapiksel, aperture /1.6 serta kamera ultra lebar dengan sensor gambar 12 megapiksel, bukaan /2.4.

MacRumors mencatat bahwa sensor 48 megapiksel bukanlah kamera Sony IMX-803 yang digunakan Apple pada model iPhone 14 Pro. Sensor IMX-803 yang sama juga akan ditemukan di dalam varian iPhone 15 Pro yang akan datang. Sebagai gantinya, Apple bermain-main dengan dua kemungkinan sensor. Salah satunya adalah sistem sensor kamera bertumpuk milik Sony, dan yang lainnya adalah sensor biasa.

Sensor pertama yang menampilkan sistem dua lapis adalah yang paling menarik. Ini sebenarnya merupakan peningkatan dari kamera 48 megapiksel di iPhone 15 Pro. Hal ini dikarenakan sensor tersebut dapat menangkap lebih banyak cahaya dan mengurangi noise. Sensor ini akan meningkatkan fotografi rendah cahaya sekaligus meningkatkan rentang dinamis.

Meskipun MacRumors tidak dapat memastikan apakah iPhone 15 dan 15 Plus akan menampilkan sensor 48 megapiksel bertumpuk, TrendForce mengklaim dalam laporan terbaru terkait kamera ponsel cerdas bahwa itulah sensor yang dipilih Apple untuk iPhone yang lebih murah.

Lantas mengapa senor kamera menjadi penting? Banyak yang beranggapan peningkatan di sektor kamera bakal menjadi bintang utama dalam acara peluncuran iPhone 15 yang akan dilaksanakan pada 12 September mendatang. Bahkan diklaim peningkatan fitur kamera sebagai faktor penting yang dapat menjadi penentu bagi calon pembeli.

Baik iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan membanggakan Pixel Transistor Sony 2-Layer (Photodiode + Pixel), yang dirancang untuk memperluas rentang dinamis pencitraan. Sementara itu, iPhone 15 Pro Max akan dilengkapi dengan Modul Lensa Periskop yang dapat meningkatkan kemampuan zoom optik perangkat.

TrendForce mengantisipasi bahwa lompatan besar berikutnya di masa depan akan mengarah pada penyempurnaan desain struktural CIS-seperti arsitektur piksel transistor dual-layer transistor mutakhir yang akan segera dipamerkan di iPhone 15 dan 15 Plus.

(brl/red)