Chatbot AI Bard Google mendapat perubahan besar, rebranding jadi Gemini

Chatbot AI Bard Google mendapat perubahan besar, rebranding jadi Gemini

Techno.id - Google tampaknya akan mengubah nama chatbot Bard AI Google menjadi Gemini untuk rilis mendatang. Kabarnya, chatbot AI Gemini yang baru akan diluncurkan dalam beberapa hari mendatang untuk langganan premium.

Ini juga akan menjadi bagian dari dorongan yang lebih berat ke dalam smartphone dengan perangkat seri Pixel 8 milik Googe serta seri Samsung S24.

Bard pertama kali diluncurkan pada 2022, dan sejak saat itu, raksasa teknologi tersebut telah bekerja untuk mengembangkan pengalaman obrolan kecerdasan buatan yang memungkinkan pengguna menggunakannya untuk segala hal mulai dari menulis cerita dan puisi hingga membuat kode dan gambar.

Chatbot AI Bard Google mendapat perubahan besar, rebranding jadi Gemini foto: deepmind.google

Sejak diluncurkan, platform ini melanjutkan evolusinya, dengan kemampuan dan fitur baru yang ditambahkan. Misalnya, tahun lalu, Gemini ditambahkan sebagai peningkatan ke Bard. Gemini adalah model kecerdasan buatan multimoda yang dapat bekerja dengan teks, audio, gambar, dan video.

Pada Januari lalu, pembuat gambar ditambahkan sehingga pengguna dapat memberikan deskripsi teks dan membuat gambar yang realistis. Karena itu Bard akan sepenuhnya diganti namanya menjadi Gemini.

Gemini Pro mendukung Bard di semua negara dan bahasa yang menyediakannya. Ini adalah versi lanjutan dengan jumlah fitur dan kemampuan yang lebih banyak daripada model Gemini standar.

Chatbot AI Bard Google mendapat perubahan besar, rebranding jadi Gemini foto: deepmind.google

Konon, perubahan tambahan juga akan datang ke aplikasi Gemini yang baru, di antaranya layanan berlangganan berbayar bernama Gemini Advanced, yang akan memberi pengguna akses Gemini Ultra, versi paling canggih dan kuat dari model chatbot AI yang tersedia saat ini.

Menurut changelog, Gemini Ultra jauh lebih mampu dalam tugas-tugas yang sangat kompleks seperti pengkodean, penalaran logis, mengikuti instruksi bernuansa, dan kolaborasi kreatif. Ini akan dioptimalkan untuk bahasa Inggris saat peluncuran dan akan tersedia di lebih dari 150 negara.

(brl/red)