OpenAI perkenalkan Sora, model AI untuk membuat video berbasis teks yang akan bersaing dengan Lumiere

OpenAI perkenalkan Sora, model AI untuk membuat video berbasis teks yang akan bersaing dengan Lumiere

Techno.id - OpenAI baru-baru ini mengumumkan Sora, model Artificial Intelligence (AI) teks-ke-video baru yang mampu mengubah permintaan tertulis menjadi video berdurasi satu menit. Model baru ini akan berhadapan langsung dengan beberapa platform serupaseperti Lumiere milik Google yang baru-baru ini diumumkan.

Menurut OpenAI seperti dilansir dari laman resminya, Sora dilatih pada model difusi bersyarat teks bersama-sama pada video dan gambar dengan durasi variabel untuk menghasilkan video hiper-realistis dari permintaan berbasis teks.

Perusahaan yang mengoperasikan ChatGPT ini mencatat bahwa mereka mengajarkan AI untuk memahami dan mensimulasikan dunia fisik yang bergerak, dengan tujuan melatih model untuk membantu orang memecahkan masalah yang memerlukan interaksi dunia nyata.

OpenAI juga membagikan banyak klip di pos pengumuman serta makalah penelitian yang menampilkan model tersebut. CEO OpenAI Sam Altman bahkan mengaku menerima permintaan cepat dari pengguna untuk menunjukkan kemampuan model tersebut.

OpenAI lebih lanjut mencatat bahwa model Sora saat ini tidak tersedia untuk semua orang karena perusahaan saat ini bekerja dengan red teamers demi menguji batas model untuk memastikan keamanan.

OpenAI juga bekerja sama dengan pembuat kebijakan untuk memahami keprihatinan mereka seputar teknologi ini. Meskipun model tersebut tidak tersedia untuk umum, OpenAI mengatakan bahwa Sora akan tersedia bagi sekelompok seniman terpilih untuk mendapatkan umpan balik mereka tentang teknologi tersebut.

OpenAI juga memberikan akses ke sejumlah seniman visual, desainer, dan pembuat film untuk mendapatkan umpan balik tentang cara memajukan model agar paling bermanfaat bagi para profesional kreatif.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada kabar kapan OpenAI akan menawarkan model baru tersebut kepada publik dan juga berapa biayanya bagi pengguna akhir.

(brl/red)