OpenAI siapkan fitur memori digital ChatGPT untuk memudahkan pengguna berinteraksi dengan chatbot

OpenAI siapkan fitur memori digital ChatGPT untuk memudahkan pengguna berinteraksi dengan chatbot

Techno.id - OpenAI sedang menguji bentuk "memori digital" untuk chatbot AI-nya yang diberinama Chat GOT. Fungsi memori digital ini untuk membantu AI mengingat percakapan yang pengguna lakukan sebelum nya di beberapa perangkat. Intinya, perangkat lunak ini akan mengingat preferensi pribadi untuk menyesuaikan pengalaman pengguna.

Artinya, dengan memori digital ini pengguna dapat secara khusus meminta AI mengingat percakapan tertentu atau membiarkannya mengambil detailnya sendiri. Demi keamanan, OpenAI juga bisa mengingat informasi sensitif, seperti yang melibatkan kesehatan pengguna.

Semakin banyak pengguna berinteraksi dengan ChatGPT, semakin mereka akan melihat peningkatan memorinya, dan detail tertentu agar tidak perlu diulang.

OpenAI siapkan fitur memori digital ChatGPT untuk memudahkan pengguna berinteraksi dengan chatbot foto: openai

Misalnya, kamu menyebutkan memiliki balita yang menyukai ubur-ubur. Saat kamu meminta ChatGPT untuk membantu membuat kartu ulang tahun untuk si kecil, maka chatbot akan menunjukkan gambar ubur-ubur yang mengenakan topi pesta.

Lalu misalnya jika kamu telah memberi tahu ChatGPT bahwa kamu memiliki kedai kopi di lingkungan sekitar. Saat bertukar pesan untuk postingan sosial untuk lokasi baru, ChatGPT tahu harus mulai dari mana.

Jika kamu tidak tertarik dengan ChatGPT mengingat hal-hal tertentu, OpenAI menyatakan bahwa pengguna dapat meluncurkan obrolan sementara dengan AI.

OpenAI siapkan fitur memori digital ChatGPT untuk memudahkan pengguna berinteraksi dengan chatbot foto: openai

Menurut halaman dukungannya, apa yang telah kamu diskusikan dalam obrolan sementara juga tidak akan disimpan dalam Riwayat kamu. Namun, OpenAI akan menyimpan salinannya selama 30 hari untuk tujuan keamanan.

OpenAI juga mengklaim tidak akan menggunakan diskusi sementara kamu untuk melatih chatbot. Pengguna juga dapat memulai dengan mengetuk versi ChatGPT yang kamu gunakan, lalu memilih obrolan sementara.

Selain itu, OpenAI menghadirkan alat keamanan dan keselamatan tambahan bagi pengguna yang tertarik menggunakan memori digital ini. Pengguna dapat mematikan fitur sepenuhnya dengan masuk ke Pengaturan > Personalisasi > Memori. Namun, pengguna dapat membersihkan apa yang diingat ChatGPT di halaman Kelola Memori pada pengaturan Personalisasi kamu.

OpenAI siapkan fitur memori digital ChatGPT untuk memudahkan pengguna berinteraksi dengan chatbot foto: openai

Dari sana, pengguna akan menemukan daftar lengkap apa yang diingat bot, serta ikon tempat sampah untuk membuatnya lupa. OpenAI menggunakan apa yang dibicarakan pengguna dengan ChatGPT untuk melatih AI-termasuk ingatan kamu.

Fitur memori digital ini dapat membantu mengingat nada, suara, preferensi pemformatan, bahasa pengkodean pilihan kamu, dan banyak lagi. Sementara itu, GPT OpenAI lainnya, seperti Books GPT, juga akan mendapatkan fitur ini.

OpenAI menyatakan fitur tersebut dapat membantu AI dalam menawarkan rekomendasi yang tepat untuk selera membaca pengguna. Memori untuk GPT lain juga diluncurkan nantinya.

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, fitur memori ChatGPT akan hadir dalam bentuk pengujian. Sebagian kecil pengguna ChatGPT free dan Plus akan bisa menggunakan fitur ini setelah OpenAI menyelesaikannya minggu ini.

(brl/red)