5 Fitur andalan yang diprediksi bakal dibenamkan pada iPhone 16 Pro

5 Fitur andalan yang diprediksi bakal dibenamkan pada iPhone 16 Pro

Techno.id - Setelah Samsung Galaxy S24 Ultra memulai debutnya setelah diluncurkan baru-baru ini, perhatian tech enthusiast kini tertuju pada apa yang mungkin telah direncanakan Apple untuk jajaran iPhone 16 Pro generasi mendatang. Meskipun Apple secara tradisional meluncurkan iPhone baru pada September, namun bocoran dan prediksi analis telah memberi gambaran kasar tentang apa yang diharapkan.

Prosesor yang lebih cepat dan lebih hemat daya adalah sesuatu yang diharapkan pengguna. Namun kabarnya Apple juga akan membawa perubahan pada perangkat keras, memberikan seri iPhone Pro kelas atas. Berikut beberapa fitur yang diprediksi akan disematkan pada iPhone 16 Series yang dikutip Tehcno.id dari berbagai sumber.

1. Penyimpanan dua kali lipat

5 Fitur andalan yang diprediksi bakal dibenamkan pada iPhone 16 Pro foto: apple

Apple kabarnya akan menawarkan penyimpanan hingga 1 TB pada iPhone. Dimulai dengan iPhone 16, Apple diharapkan dapat menawarkan penyimpanan hingga 2 TB, setidaknya pada model pro seperti dilansir DigiTimes.

Selain itu, Apple dapat memilih penyimpanan tipe NAND QLC (Quad-Level Cell) yang sedikit lebih murah daripada NAND TLC (Triple-Level Cell). Ini akan menarik bagi pembuat konten yang membutuhkan iPhone dengan kapasitas penyimpanan besar. Mengingat iPhone juga dapat merekam video Spasial 3D, varian penyimpanan yang lebih tinggi juga dapat menarik pengguna yang suka menyimpan semua data mereka secara lokal di iPhone. Ini juga bisa berarti, sama seperti iPhone 15 Pro Max, semua varian iPhone 16 akhirnya bisa mulai dengan penyimpanan internal 256 GB.

2. Tombol kamera khusus

5 Fitur andalan yang diprediksi bakal dibenamkan pada iPhone 16 Pro foto: apple

Bocoran baru dari beberapa informasi menunjukkan bahwa seri iPhone 16 Pro mungkin hadir dengan tombol tambahan, bukan iPhone tanpa tombol yang disarankan sebelumnya. Sesuai bocoran, tombol baru pada seri iPhone 16 dapat ditempatkan di sisi kanan bawah iPhone, mirip dengan flagships Nokia Lumia dan Sony Xperia yang lebih lama.

Tombol ini dapat berfungsi ganda sebagai pemicu kamera, mirip dengan cara menggunakan tombol volume sebagai pemicu kamera, dan dapat menekan tombol fisik menggunakan mesin haptic. Tombol ini juga dikatakan sensitif terhadap tekanan, memungkinkan pengguna memanfaatkan tombol yang sama untuk memfokuskan dan mengklik gambar atau merekam video.

Dilaporkan bahwa keempat varian iPhone 16 mungkin hadir dengan tombol baru ini, dan Apple juga diharapkan memperluas tombol aksi jajaran iPhone 15 Pro ke seluruh iPhone 16 dengan dukungan penyesuaian melalui aplikasi Pintasan.

3. Ukuran layar lebih besar

5 Fitur andalan yang diprediksi bakal dibenamkan pada iPhone 16 Pro foto: apple

Seri iPhone 16 dikatakan menampilkan layar yang lebih besar di seluruh jajarannya. Sementara iPhone 16 dan iPhone 16 dilaporkan menyertakan layar 6,3 inci, iPhone 16 Plus yang lebih besar dan iPhone 16 Pro Max diharapkan menawarkan layar 6,9 inci yang jauh lebih besar. Namun, Apple kemungkinan akan membatasi kecepatan refresh ProMotion 120Hz untuk model Pro.

Layar yang lebih besar juga berarti baterai yang lebih besar. Diharapkan Apple akan membawa peningkatan signifikan dalam ukuran baterai, yang akan menghasilkan masa pakai baterai yang lebih baik. Selain itu, Apple juga dapat melengkapi iPhone ini dengan solusi pendinginan yang lebih baik untuk meningkatkan dan mempertahankan kinerja puncak.

Keempat model iPhone 16, meskipun mengemas layar yang lebih besar, diharapkan mirip dengan seri iPhone 15 dengan potongan berbentuk pil untuk Dinamic Island di bagian atas, dan Apple selanjutnya dapat mengecilkan ukuran bezel untuk rasio layar-ke-tubuh yang sedikit lebih tinggi.

4. Game kelas AAA di seluruh jajaran

5 Fitur andalan yang diprediksi bakal dibenamkan pada iPhone 16 Pro foto: apple

Apple telah menggunakan chip generasi sebelumnya pada model iPhone dasar. Kemungkinan Apple akan kembali menggunakan chip yang sama di seluruh jajaran. Sebuah laporan MacRumors menunjukkan bahwa seluruh jajaran iPhone 16 dikatakan ditenagai chip A18. Namun, model Pro dapat menampilkan chip speed-binned dengan kecepatan clock CPU yang lebih tinggi dan lebih banyak inti CPU.

Ini akan memungkinkan memainkan game kelas AAA di seluruh jajaran iPhone 16. Chip A18 dikatakan sebagai chip 3nm, mirip dengan chip A17 Pro dan M3, dan keluarga iPhone 16 Pro mungkin menyertakan lebih banyak memori (RAM) untuk mengaktifkan lebih banyak fitur kamera dan kemampuan komputasi. Bahkan chip baru ini juga dapat mengaktifkan beberapa fitur AI, yang didukung kemampuan AI generatif pada perangkat.

5. Lensa zoom periskop

5 Fitur andalan yang diprediksi bakal dibenamkan pada iPhone 16 Pro foto: apple

Analis Ming-Chi Kuo menyarankan agar Apple mulai menawarkan lensa zoom telefoto 5x pada iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. Dengan layar yang lebih besar pada iPhone 16 Pro, Apple seharusnya dapat menerapkan lensa zoom baru, yang membutuhkan sedikit lebih banyak ruang di bagian dalam ponsel jika dibanding dengan modul kamera biasa.

Selain itu, iPhone 16 Pro mungkin juga mendapatkan lensa sudut ultra lebar beresolusi tinggi. Sama seperti kamera utama 48 MP, dan lensa sudut ultra lebar baru juga dikatakan menawarkan resolusi 48 MP. Konfigurasi ini memungkinkan pengguna memotret gambar 24 MP secara default, yang akan memiliki lebih banyak detail dan kejernihan dibanding gambar yang diambil pada lensa sudut ultra lebar 12 MP.

Kamera selfie, meski tetap pada resolusi 12 MP juga dikatakan mendapatkan peningkatan dengan aperture yang sedikit lebih lebar untuk meningkatkan performa cahaya redup. Namun, iPhone 16 biasa dan iPhone 16 Plus mungkin akan terus menawarkan lensa sudut ultra lebar 12 MP.

(brl/red)