Cara memperbaiki ponsel Android yang terus-menerus restart

Cara memperbaiki ponsel Android yang terus-menerus restart

Cara mengatasi ponsel selalu restart

4. Kosongkan penyimpanan

Cara memperbaiki ponsel Android yang terus-menerus restart foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Ponsel hanya memiliki ruang penyimpanan yang terbatas. Jika kurang dari 10%, kamu mungkin mengalami masalah pada ponsel, termasuk ponsel yang restart secara acak.

Oleh karena itu, kamu harus mengosongkan penyimpanan ponsel. Ada beberapa cara untuk mengosongkan ruang pada ponsel. Misalnya, kamu bisa menghapus aplikasi yang tidak terpakai, menghapus cache Android, mengosongkan folder unduhan internet, dan sebagainya.

Atau, kamu dapat memperluas penyimpanan. Jika ponsel kamu menerima media yang dapat diperluas, gunakan kartu microSD untuk mendapatkan ruang penyimpanan tambahan. Atau pindahkan data ke penyedia layanan cloud, seperti Google Drive atau OneDrive.

Sebagian besar ponsel memungkinkan kamu melihat berapa banyak ruang penyimpanan yang tersisa dan membantu kamu menentukan file yang lebih besar. Misalnya, pada perangkat Samsung.

1. Buka Pengaturan.

2. Ketuk Perawatan perangkat.

3. Ketuk Penyimpanan.

4. Di kanan atas, ketuk tiga titik vertikal.

5. Ketuk Analisis penyimpanan.

6. Fitur ini akan mengidentifikasi file duplikat, besar, dan tidak terpakai, yang kemudian dapat kamu pilih untuk dihapus.

5. Periksa tanda-tanda panas berlebih

Cara memperbaiki ponsel Android yang terus-menerus restart foto: freepik/user19739995

Jika ponsel kamu terlalu panas, ponsel dapat memulai ulang atau mematikan untuk melindungi dirinya sendiri. Tidak jarang ponsel menjadi panas selama melakukan tugas yang intensif, seperti bermain game dalam waktu yang lama.

Banyak faktor yang menyebabkan panas berlebih pada ponsel. Bisa karena aplikasi, malware, penggunaan aplikasi yang terlalu lama dan lain sebagainya. Karena itu usahakan suhu ponsel dingin lalu coba nyalakan Kembali.

6. Lakukan pengaturan ulang pabrik

Cara memperbaiki ponsel Android yang terus-menerus restart foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika telah melakukan semua hal di atas dan ponsel terus restart, kamu dapat mencoba opsi terakhir, setel ulang ke pengaturan pabrik. Ini akan menghapus perangkat kamu dan mengembalikan semuanya ke default.

Karena itu, sangat penting untuk mencadangkan perangkat Android sebelum melanjutkan. Meskipun beberapa data akun Google ada di cloud, data aplikasi dan file pribadi kemungkinan besar ada di local ponsel.

Prosedur yang tepat untuk mengatur ulang ponsel ke pengaturan pabrik akan berbeda untuk setiap perangkat. Pada ponsel Samsung sebagai berikut.

1. Buka Pengaturan.

2. Ketuk Manajemen umum.

3. Ketuk Atur ulang.

4. Ketuk Reset data pabrik.

5. Ketuk Atur ulang untuk mengonfirmasi.

(brl/red)