Cara memperbaiki ponsel Android yang terus-menerus restart

Cara memperbaiki ponsel Android yang terus-menerus restart

Techno.id - Kamu pernah mengalami ponsel selalu restart dengan sendirinya? Jika ponsel Android kamu terus menerus restart, mungkin ada aplikasi yang bermasalah, panas berlebih, atau ada hal lain, termasuk baterainya hampir habis. Tapi nggak perlu khawatir, kamu bisa melakukan beberapa langkah untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Perbarui sistem operasi Android

Cara memperbaiki ponsel Android yang terus-menerus restart foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu memiliki komputer Windows atau Mac, pasti sudah terbiasa dengan konsep memperbarui sistem operasi untuk mendapatkan manfaat dari fitur-fitur terbaru, perbaikan bug, dan patch keamanan. Ponsel Android juga demikian.

Jumlah pembaruan yang akan kamu terima akan tergantung pada ponsel dan produsennya. Sayangnya, banyak produsen berhenti memperbarui ponsel baru mereka setelah beberapa tahun, kecuali untuk perbaikan penting.

Jika sistem operasi ponsel kamu sudah ketinggalan zaman, hal ini dapat menyebabkan masalah yang membuat ponsel restart. Oleh karena itu, kamu harus memeriksa pembaruan. Proses yang tepat akan berbeda untuk setiap model ponsel. Berikut cara memperbaruinya.

1. Buka Pengaturan.

2. Ketuk Pembaruan perangkat lunak.

3. Ketuk Unduh dan instal.

4. Jika pembaruan ditemukan, ketuk Perbarui.

2. Perbarui aplikasi

Cara memperbaiki ponsel Android yang terus-menerus restart foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Selain memperbarui sistem operasi, kamu juga perlu memastikan semua aplikasi di ponsel menjalankan versi terbaru. Beberapa aplikasi akan diperbarui lebih sering daripada yang lain, tergantung pada jenis aplikasi dan seberapa besar keterlibatan pengembangnya.

Jika ponsel kamu restart ketika menggunakan aplikasi tertentu, atau ketika menjalankan latar belakang, maka masalahnya mungkin disebabkan aplikasi tersebut. Dengan demikian, kamu mungkin menjalankan aplikasi versi lama yang tidak kompatibel dengan versi Android kamu, atau pengembang aplikasi mungkin telah merilis perbaikan untuk kerusakan tersebut. Berikut cara memperbarui aplikasi.

1. Buka Play Store.

2. Ketuk gambar profil kamu di bagian kanan atas.

3. Ketuk Kelola aplikasi dan perangkat.

4. Layar ini akan menunjukkan apakah aplikasi kamu memiliki pembaruan yang tersedia. Jika ya, ketuk Perbarui semua.

3. Aktifkan mode aman dan hapus aplikasi

Cara memperbaiki ponsel Android yang terus-menerus restart foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Aplikasi dapat menyebabkan ponsel restart secara tidak terduga. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus mengaktifkan mode aman. Dalam mode aman, hanya aplikasi inti perangkat yang akan berjalan, jadi ini adalah cara terbaik untuk menguji apakah aplikasi yang kamu instal bermasalah. Berikut cara untuk mem-boot ke mode aman.

1. Tekan terus tombol daya untuk membuka menu daya.

2. Tekan dan tahan opsi Matikan.

3. Ini akan memunculkan opsi Safe mode, jadi ketuk untuk mem-boot ke mode aman.

4. Jika ponsel kamu tidak memulai ulang dalam mode aman, kemungkinan besar ada aplikasi yang kamu instal yang menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, tinggalkan mode aman dan hapus instalan aplikasi kamu secara bergantian, dimulai dari yang terakhir diunduh.

5. Setelah setiap pencopotan pemasangan, gunakan ponsel secara normal untuk mengetahui apakah masalahnya sudah teratasi. Setelah mengidentifikasi aplikasi yang bermasalah, kamu dapat menginstal ulang aplikasi Android yang telah dihapus.

(brl/red)