4 Penyebab pengisi daya ponsel terlalu panas, begini cara mengatasinya

4 Penyebab pengisi daya ponsel terlalu panas, begini cara mengatasinya

Techno.id - Kamu mungkin pernah mengalami saat mengisi daya ponsel, pengisi daya (adaptor charger) justru menjadi sangat panas. Sebenarnya sangat wajar ketika mengisi daya ponsel, charger menjadi sedikit hangat.

Tapi lain lagi jika suhunya terlalu tinggi. Hal tersebut bisa menjadi pertanda perangkat pengisian daya kamu mengalami masalah. Nah kondisi semacam ini jangan dianggap remeh ya.

Sebab, jika kamu tetap menggunakan perangkat pengisian daya yang bermasalah bisa berakibat fatal. Pengisi daya yang terlalu panas dapat mengurangi masa pakai baterai ponsel dan komponen lainnya. Potensi fatal yang bisa terjadi, dapat menyebabkan kebakaran.

Berikut beberapa penyebab pengisi daya yang terlalu panas dan apa yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya.

1. Pengisi daya tidak kompatibel atau tidak resmi

4 Penyebab pengisi daya ponsel terlalu panas, begini cara mengatasinya foto: freepik/user3802032

Salah satu alasan paling umum pengisi daya menjadi terlalu panas adalah karena kamu tidak menggunakan pengisi daya atau kabel yang tepat untuk perangkat. Pengisi daya yang dibuat untuk ponsel kamu dirancang untuk memberikan jumlah daya yang dibutuhkan.

Berbeda dengan pengisi daya ponsel yang tidak kompatibel atau tidak resmi. Pengisi daya yang murah dan tidak resmi sangat rentan terhadap panas berlebih. Karena itu sebaiknya kamu selalu menggunakan pengisi daya bawaan ponsel.

2. Pengisi daya rusak

4 Penyebab pengisi daya ponsel terlalu panas, begini cara mengatasinya foto: freepik/pvproductions

Sebenarnya jarang sekali pengisi daya rusak jika kamu menggunakannya secara benar. Namun seiring waktu pemakaian kondisi tersebut bisa saja terjadi.

Kerusakan pada pengisi daya dapat berarti perangkat tersebut tidak dapat menangani daya atau tegangan yang mengalir, sehingga menyebabkan panas berlebih. Ketika sudah mengetahui bahwa pengisi daya kamu rusak, sebaiknya segera diganti dengan jenis serupa yang direkomendasikan brand perangkat kamu.

3. Kabel rusak

4 Penyebab pengisi daya ponsel terlalu panas, begini cara mengatasinya foto: freepik/natalliaboroda

Jika kabel rusak, hal ini juga dapat menyebabkan pengisi daya menjadi terlalu panas. Terkadang, kerusakan kabel terlihat secara kasat mata. Misalnya bagian pelindung kabel mulai terkelupas.

Jika mengalami kondisi seperti ini, kamu dapat menguji pengisi daya dengan kabel lain untuk mengetahui apakah pengisi daya masih terlalu panas. Jika pengisi daya kamu normal, sebaiknya segera mengganti kabel. Lagi-lagi gunakan kabel yang disarankan merek ponsel kamu.

(brl/red)