Cara memperbaiki masalah audio dan mengunduh driver Realtek definisi tinggi untuk PC Windows 11

Cara memperbaiki masalah audio dan mengunduh driver Realtek definisi tinggi untuk PC Windows 11

Techno.id - Kamu mungkin pernah mengalami masalah audio pada PC Windows? Jika iya, mungkin sudah waktunya untuk memperbarui driver audio definisi tinggi Realtek kamu. Cara termudah adalah dengan mengunduh driver Realtek terbaru.

Cara ini bisa kamu lakukan baik untuk meningkatkan kinerja perangkat audio atau memperbaiki masalah audio. Tentu saja untuk mengunduhnya harus dari situs web resmi Realtek. Berikut langkah-langkah untuk melakukannya.

1. Buka halaman unduhan Codec Audio Definisi Tinggi Realtek (realtek.com) di komputer.

2. Klik ikon unduh file terbaru.

3. Centang kotak I accept to the above dan klik Download this file.

Setelah pengunduhan selesai, jalankan file yang dapat dieksekusi untuk menginstal driver Audio Definisi Tinggi Realtek pada PC Windows kamu.

Cara memperbaiki masalah audio dan mengunduh driver Realtek definisi tinggi untuk PC Windows 11 foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Cara memperbarui driver audio Realtek di Windows 11

Realtek secara teratur merilis pembaruan driver baru untuk memperbaiki masalah yang diketahui dan meningkatkan kinerja audio PC secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk menginstal driver audio Realtek terbaru di komputer.

Untuk melakukannya, tekan tombol pintas Win+I untuk membuka aplikasi Pengaturan, pilih Pembaruan Windows dari bilah sisi kiri, dan klik Periksa pembaruan di panel kanan.

Komputer kamu akan mencari pembaruan Windows atau driver yang tersedia secara online, termasuk pembaruan untuk driver audio Realtek. Jika ada pembaruan yang tersedia, Windows akan secara otomatis mengunduh dan menginstalnya.

Cara memperbaiki driver audio Realtek yang tidak berfungsi

Jika tidak ada audio yang keluar dari komputer setelah menginstal driver audio Realtek, kemungkinan ada masalah dengan driver tersebut. Untungnya, kamu dapat dengan cepat memecahkan masalah ini dengan mengikuti solusi di bawah ini.

1. Verifikasi perangkat audio default

Ketika kamu pertama kali mengatur komputer, biasanya hanya ada satu perangkat audio yang diinstal. Seiring waktu, daftar perangkat audio dapat bertambah saat kamu mulai menggunakan perangkat audio eksternal seperti controller dan headset.

Ada kemungkinan meskipun kamu telah melepaskan headset dari perangkat dan beralih ke speaker internal, komputer masih menganggap headset sebagai perangkat audio default. Dalam hal ini, solusinya adalah mengonfigurasi PC kamu untuk menggunakan perangkat audio yang benar.

Untuk melakukannya, klik ikon speaker di area baki sistem dan klik ikon Pilih output suara di samping penggeser volume. Kemudian, pilih speaker default kamu dari daftar. Setelah itu, mulai ulang perangkat dan periksa apakah masih menghadapi masalah tersebut.

2. Jalankan pemecah masalah (troubleshooter) audio

Windows memiliki pilihan pemecah masalah yang dapat membantu kamu memperbaiki berbagai jenis masalah. Kamu dapat menjalankan pemecah masalah audio jika tidak mendapatkan audio apa pun dari komputer.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan dan buka Sistem > Pemecahan Masalah > Pemecah masalah lainnya. Kemudian, klik Jalankan di samping Audio.

Jendela pemecah masalah akan muncul dan mencari masalah apa pun. Kamu mungkin perlu memberikan beberapa izin kepada pemecah masalah untuk memeriksa masalah terkait audio pada perangkat.

Setelah pemecah masalah selesai memindai komputer, fitur tersebut akan menyarankan perbaikan yang dapat membantu kamu memperbaiki masalah.

(brl/red)