Cara memeriksa aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data selular di iPhone

Cara memeriksa aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data selular di iPhone

Techno.id - Kamu mungkin mengizinkan lusinan aplikasi untuk ditayangkan di ponsel cerdas. Tetapi apakah kamu tahu apa yang dilakukan aplikasi-aplikasi tersebut? Kamu perlu mengawasi seberapa banyak komunikasi yang dilakukan setiap aplikasi dengan dunia luar.

Ada beberapa alasan untuk melihat berapa banyak data yang digunakan ponsel. Pertama, meskipun kamu menggunakan paket data pascabayar yang mungkin tak terbatas, tetapi paket ini sering kali menerapkan pembatasan kecepatan saat kamu melewati titik tertentu setiap bulan.

Jika kamu menggunakan paket terbatas atau prabayar, aplikasi yang melebihi kuota data saat kamu jauh dari Wi-Fi, itu bisa menghabiskan banyak uang, terutama jika kamu berada di luar negeri.

Kamu mungkin menemukan bahwa beberapa aplikasi mengunggah dan mengunduh lebih banyak data daripada yang seharusnya karena fungsinya. Ada metode untuk menemukan aktivitas aplikasi mencurigakan yang bisa menguras paket data kamu.

Sebelum melakukannya, disarankan untuk memeriksa detail paket data operator yang kamu gunakan sehingga tahu apa batasannya. Begini cara mengetahui aplikasi mana saja yang banyak menggunakan data di iPhone.

Cara memeriksa aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data selular di iPhone foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Untuk mengetahui berapa banyak data yang telah digunakan aplikasi, buka Pengaturan, lalu ketuk Selular.

2. Ketuk Opsi Data Seluler untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Roaming Data. Hal ini memengaruhi akses data seluler saat kamu berada di luar jaringan operator biasanya saat kamu berada di luar negeri.

3. Kembali ke layar Selular, gulir ke bawah untuk melihat berapa banyak data selular dan data jelajah yang telah kamu gunakan dalam periode saat ini. Artinya sejak terakhir kali kamu mengatur ulang statistik ini secara manual.

4. Di samping setiap aplikasi yang diinstal adalah berapa banyak data yang telah diunggah atau diunduh dalam periode saat ini. Kamu akan melihat bahwa aplikasi yang paling banyak menggunakan data tercantum di bagian atas. Gunakan sakelar di sebelah kanan untuk memblokir akses data selular untuk aplikasi tertentu.

5. Ketuk Layanan Sistem untuk melihat penggunaan data untuk sistem iOS, yang mencakup aktivitas seperti pemberitahuan push dan pembaruan perangkat lunak.

6. Gulir ke bawah melewati daftar aplikasi, dan kamu akan melihat kapan statistik penggunaan data ini terakhir disetel ulang. Jika kamu ingin meresetnya, ketuk Setel Ulang Statistik.

Mengaktifkan Mode Data Rendah

Cara memeriksa aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data selular di iPhone foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Selain memblokir akses aplikasi individual ke data selular atau mematikan sepenuhnya, ada opsi lain di iOS yang dapat kamu gunakan untuk membatasi penggunaan data saat jauh dari Wi-Fi, menggunakan Mode Data Rendah. Apple mengatakan fitur ini menjeda pembaruan otomatis dan tugas latar belakang saat kamu jauh dari Wi-Fi.

1. Dari Pengaturan iOS, ketuk Selular, lalu Opsi Data Seluler.

2. Ketuk Mode Data untuk menemukan opsi Mode Data Rendah.

3. Opsi yang kamu lihat di samping Mode Data Rendah akan bervariasi tergantung pada jaringan kamu. Misalnya, kamu mungkin melihat opsi untuk mengizinkan lebih banyak data di 5G, yang berarti iPhone kamu akan menggunakan koneksi 5G yang lebih cepat melalui Wi-Fi, jika tersedia.

Jangan lupa selalu ada mode pesawat jika kamu ingin benar-benar memastikan bahwa aplikasi tidak mentransfer data apa pun melalui jaringan selular atau Wi-Fi. Buka Pusat Kontrol, lalu kamu dapat mengetuk ikon pesawat untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode pesawat.

(brl/red)