iPhone SE 4 dikabarkan bakal hadir pada tahun 2025 dengan desain mirip iPhone 16  

iPhone SE 4 dikabarkan bakal hadir pada tahun 2025 dengan desain mirip iPhone 16  

Techno.id - Model iPhone SE generasi keempat kabarnya bakal dirilis pada tahun 2025. Rumors sebelumnya mengatakan bahwa perangkat tersebut akan meminjam bahasa desain iPhone 14 dan akan dilengkapi Dynamic Island dan satu kamera belakang. Di mana keduanya bukan merupakan fitur yang ada di iPhone 14.

Belum lama ini leaker Majin Bu memposting di X (sebelumnya Twitter) bahwa iPhone SE 4 dapat memiliki desain yang sangat mirip dengan iPhone 16 yang saat ini masih dalam pengembangan.

Tweet tersebut mengatakan bahwa iPhone SE 4 memang akan menyertakan Dinamic Island dan satu kamera di bagian belakang. Sama halnya dengan iPhone 16 yang akan menyertakan Dynamic Island tetapi akan menggunakan dua kamera belakang.

Dimensinya akan mirip dengan iPhone XR yang memiliki tinggi 5,94 inci atau 150,9 mm, lebar 2,98 inci atau 75,7 mm, dan tebal 0,33 inci atau 8,3 mm. Pada September tahun lalu, analis Apple TF International Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa iPhone SE 4 akan menggunakan panel OLED 6,1 inci yang sesuai dengan kedua rumor yang menyatakan bahwa iPhone "harga terjangkau" berikutnya akan menggunakan bahasa desain iPhone 14 atau iPhone 16.

Kuo juga percaya bahwa iPhone SE 4 akan memulai debut chip modem 5G internal Apple yang akan menggantikan chip modem Snapdragon 5G yang digunakan pada model iPhone biasa. Kuo mengatakan bahwa chip modem Apple 5G yang dia yakini akan debut di iPhone SE 4 tidak akan bekerja dengan sinyal mmWave 5G. Chip tersebut akan memungkinkan iPhone SE 4 bekerja dengan sinyal 5G sub-6GHz yang mencakup sinyal mid-band dan C-band.

Pertanyaan yang menarik adalah prosesor aplikasi (AP) mana yang akan diputuskan Apple untuk digunakan pada iPhone SE 4? Jika ponsel ini dirilis pada tahun 2025, ponsel ini dapat dilengkapi dengan SoC 3nm A17 Pro model iPhone 15 Pro atau chipset Bionic 3nm A18 yang juga dikabarkan dapat mendukung iPhone 16 dan iPhone 16 Plus.

(brl/red)