Cara membuat notifikasi baterai khusus untuk iPhone dengan aplikasi Shortcuts

Cara membuat notifikasi baterai khusus untuk iPhone dengan aplikasi Shortcuts

Techno.id - Notifikasi baterai iPhone adalah fitur yang berguna mengingatkan pengguna bahwa sudah waktunya untuk mengisi daya ponsel. Secara default, pengguna iPhone mendapatkan pemberitahuan ketika daya baterai tersisa 20% dan 10%. Bagi sebagian orang, ini sudah cukup memuaskan. Namun bagi sebagian lagi notifikasi ini mungkin kurang cukup.

Nah jika ingin notifikasi tambahan sebelum baterai benar-benar habis, kamu dapat membuat notifikasi persentase baterai khusus dengan aplikasi Shortcuts yang bisa kamu unduh di App Store. Berikut ini cara mengaturnya.

1. Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Shortcuts

Cara membuat notifikasi baterai khusus untuk iPhone dengan aplikasi Shortcuts foto: app store

Untuk membuat notifikasi baterai khusus, kamu harus menginstal aplikasi Shortcuts. Meskipun aplikasi ini sudah terinstal di sebagian besar perangkat iOS, aplikasi ini juga dapat dihapus. Geser ke bawah dari atas dan lakukan pencarian cepat untuk memastikan kamu telah menginstal aplikasi ini.

Jika belum, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis. Sebagai catatan, aplikasi ini hanya berfungsi pada iOS 14 atau yang lebih baru, jadi perangkat yang lebih lama tidak akan bisa menggunakan aplikasi ini dengan baik.

2. Buat otomatisasi baru

Cara membuat notifikasi baterai khusus untuk iPhone dengan aplikasi Shortcuts foto: makeuseof

Setelah aplikasi Shortcuts diunduh, buka aplikasi ini untuk membuat otomatisasi baru. Fitur ini secara otomatis menjalankan suatu proses pada ponsel. Dalam hal ini, akan mengotomatiskan notifikasi persentase baterai.

Kamu dapat membuat otomatisasi baru dengan mengetuk tombol Otomatisasi di menu bagian bawah. Setelah terbuka, pilih Buat Otomatisasi Pribadi. Sebuah menu dengan berbagai otomatisasi akan terbuka. Gulir ke bawah hingga kamu melihat Tingkat Baterai dan pilih.

(brl/red)