4 Tips dan trik bikin awet baterai Nintendo Switch, main game jadi lebih lama

4 Tips dan trik bikin awet baterai Nintendo Switch, main game jadi lebih lama

Techno.id - Selain menggunakan smartphone, bermain game dengan konsol game juga menjadi salah satu favorit bagi sebagian gamer. Selain game yang ditawarkan lebih seru, bermain game di konsol juga memiliki pengalaman tersendiri.

Salah satu konsol game yang cukup digemari adalah Nintendo Switch. Banyak game yang bisa dimainkan pada perangkat ini. Namun ada satu pengalaman yang ditakuti semua gamer Nintendo Switch, kehabisan baterai. Ada beberapa tips dan trik agar baterai perangkat kamu bisa lebih awet.

Namun sebelum membahas bagaimana caranya menghemat baterai Nintendo Switch, ada baiknya mengetahui jenis baterai yang digunakan. Model baterai pada perangkat ini tergantung pada jenis Nintendo Switch yang kamu miliki. Tingkat daya tahan baterai Nintendo Switch juga bervariasi.

4 Tips dan trik bikin awet baterai Nintendo Switch, main game jadi lebih lama foto: nintendo

Menurut Nintendo, Nintendo Switch standar dengan model baterai HAC-001 memiliki daya tahan baterai sekitar 2,5 hingga 6,5 jam. Perangkat jenis ini pada nomor seri produknya dimulai dengan XAW. Konsol Nintendo Switch standar lain memiliki model baterai HAC-001 (-01) yang dapat bertahan sekitar 4,5 hingga sembilan jam. Nomor seri Nintendo Switch ini dimulai dengan XKW.

Nintendo juga mencantumkan perkiraan masa pakai baterai untuk Nintendo Switch Lite dan Nintendo Switch OLED. Jika kamu memiliki Nintendo Switch Lite, Nintendo mengklaim bahwa kamu akan mendapatkan daya tahan baterai sekitar tiga hingga tujuh jam. Sementara untuk Nintendo Switch OLED, kamu akan mendapatkan sekitar 4,5 hingga sembilan jam.

Selain daya tahan baterai konsol, Nintendo menyatakan bahwa Switch Joy-Cons kamu dapat bertahan hingga 20 jam untuk satu kali pengisian daya penuh, tetapi membutuhkan waktu hingga tiga setengah jam untuk mencapai daya penuh saat diisi daya.

4 Tips dan trik bikin awet baterai Nintendo Switch, main game jadi lebih lama foto: nintendo

Meskipun angka-angka daya tahan baterai dasar dapat membantu pengguna memutuskan konsol mana yang terbaik, Switch orisinal, Switch Lite, atau Switch OLED, namun keterangan tersebut tidak cukup. Untungnya, ada banyak cara untuk membuat Nintendo Switch bertahan lebih lama, apa pun modelnya.

(brl/red)