5 Alat AI selain ChatGPT yang layak dicoba, mulai dari menghidupkan masa lalu hingga membuat soundtrek

5 Alat AI selain ChatGPT yang layak dicoba, mulai dari menghidupkan masa lalu hingga membuat soundtrek

Techno.id - Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) terus menjadi perhatian. Sebab, dengan AI, banyak orang semakin kreatif menemukan cara baru dan unik untuk membuat karya-karya yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Selama ini kita mungkin sering mendengar ChatGPT, Microsoft Copilot, atau Google Gemini sebagai alat AI yang berfokus pada respons teks. Namun faktanya, masih banyak alat AI lain yang juga memiliki kemampuan menakjubkan.

Deretan alat AI ini bukan hanya untuk meningkatkan kehidupan pribadi pengguna, tetapi juga memungkinkan mereka mengekspresikan diri dengan cara yang sebelumnya tidak dapat mereka lakukan. Berikut beberapa alat AI yang memiliki kemampuan menakjubkan.

1. Deep Nostalgia

5 Alat AI selain ChatGPT yang layak dicoba, mulai dari menghidupkan masa lalu hingga membuat soundtrek foto:myheritage

Banyak dari kita yang hanya bisa melihat foto atau gambar diam nenek moyang dalam format hitam putih. Itu pun seringkali sudah lusuh. Meskipun kita tidak akan pernah bisa menghidupkan kembali seseorang, namun dengan memanfaatkan AI, kita bisa membuat foto-foto lama tersebut bergerak seperti video.

Kita juga bisa membuat foto nenek moyang dalam versi yang lebih muda, termasuk untuk kerabat yang masih hidup namun sudah berusia lanjut. Cara ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan Deep Nostalgia, salah satu bagian dari program My Heritage AI yang menggunakan AI untuk secara realistis mengubah foto atau lukisan statis apa pun menjadi video bergerak pendek.

Apa yang dulunya merupakan potret, sekarang menunjukkan orang tersebut memiringkan kepalanya, menyesuaikan senyumnya, dan melihat sekeliling bingkai. Kamu bahkan dapat mengambil bidikan grup dan melihat seperti apa penampilan semua orang jika kamu berada di belakang kamera pada saat itu. Ini berfungsi pada hampir semua gambar, warna atau hitam putih, dan kamu bahkan dapat menggunakan alat lain untuk mewarnai foto hitam putih terlebih dahulu agar lebih hidup.

2. Podcastle

5 Alat AI selain ChatGPT yang layak dicoba, mulai dari menghidupkan masa lalu hingga membuat soundtrek foto: podcastle

Siapa di antara kamu yang belum mempertimbangkan untuk memulai podcast? Selain rasa malu, gagasan untuk mencoba mengedit episode yang terdengar profesional biasanya menjadi kendala.

Hal ini kembali pada masalah pengeditan video yang membutuhkan perangkat lunak yang rumit dan mahal untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Namun dengan AI, kamu bisa menghadirkan kreativitas berkembang tanpa mengkhawatirkan hal-hal teknis.

Podcastle adalah alat AI perekaman dan pengeditan sederhana yang memudahkan pengeditan dan penyempurnaan produk akhir. Antarmukanya bersih dan intuitif dan memungkinkan kamu meningkatkan kualitas secara otomatis dan menghilangkan gangguan suara yang terdengar. Dengan memanfaatkan alat AI ini, kamu bisa memulai podcast.

3. Dora AI

5 Alat AI selain ChatGPT yang layak dicoba, mulai dari menghidupkan masa lalu hingga membuat soundtrek foto: dora.run

Ketika ingin membuat situs web, mungkin kamu membayangkan seseorang duduk di belakang lima monitor dengan kode yang tidak dapat dipahami seperti yang kamu lihat di The Matrix. Tidak semua orang cukup mahir untuk mengambil gambar situs yang ada dalam pikiran kamu dan mewujudkannya, tetapi dengan bantuan AI kamu bisa.

Dora AI melakukan yang terbaik untuk AI, mengambil perintah sederhana dan menghasilkan apa yang kamu inginkan. Katakan saja situs seperti apa yang kamu inginkan dengan gaya apa, lalu lakukan beberapa pengeditan sederhana tanpa melihat satu baris kode pun. Jika kamu memiliki ide bagus untuk sebuah situs, yang perlu kamu lakukan hanyalah menuliskannya untuk dihasilkan oleh Dora.

4. Lumen5

5 Alat AI selain ChatGPT yang layak dicoba, mulai dari menghidupkan masa lalu hingga membuat soundtrek foto: lumen5

Bukan rahasia lagi bahwa video adalah masa depan. Faktanya, ini sudah ada sejak konten video pada dasarnya telah melampaui semua bentuk online lainnya. Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa jika diberi pilihan, kita semua lebih suka menonton sesuatu daripada membacanya.

Lumen5 merupakan alat AI untuk pembuatan video pendidikan, pemasaran, dan bisnis apa pun menjadi cepat dan mudah. Apa yang dilakukan AI ini untuk produksi video adalah menyederhanakan banyak hal.

Kamu tidak perlu lagi menghabiskan banyak anggaran untuk program pengeditan kompleks yang membutuhkan waktu puluhan jam untuk dipelajari dan menjadi mahir. Dengan alat AI seperti Lumen5, kamu hanya perlu mengetahui seperti apa konten yang kamu inginkan dan melakukan beberapa penyesuaian dasar pada antarmuka yang sederhana.

5. Soundraw

5 Alat AI selain ChatGPT yang layak dicoba, mulai dari menghidupkan masa lalu hingga membuat soundtrek foto: soundraw

Soundraw adalah alat paling serbaguna dan mudah digunakan yang dapat membuat trek musik baru. Soundraw cukup fleksibel sehingga kamu dapat menggunakannya untuk membuat background soundtrek yang lebih halus untuk video. Alat AI bisa mengatur nada tetapi tidak menjadi fokus, atau membuat lagu yang sepenuhnya orisinal dengan gaya band atau genre musik apa pun yang kamu inginkan. Kamu bebas memutuskan berapa lama lagu tersebut seharusnya, tempo, genre, suasana hati, dan tema apa, dan mendapatkan lagu yang benar-benar unik di bagian akhir.

(brl/red)