Cara cek kapasitas RAM laptop dan langkah membersihkannya, jadi alternatif cegah kerusakan dini

Cara cek kapasitas RAM laptop dan langkah membersihkannya, jadi alternatif cegah kerusakan dini

Techno.id - Laptop merupakan salah satu perangkat yang memiliki kemudahan dalam segi pemakaian. Dengan benda elektronik satu ini, hampir semua keperluan bisa dilakukan dengan mudah. Pasalnya laptop yang merupakan benda tipis dengan gabungan keyboard, layar, serta touchpad menjadi perangkat paket lengkap yang bisa memudahkan pekerjaan di mana pun dan kapan pun.

Saat menggunakan sebuah laptop, tentu ada hal penting yang perlu diperhatikan seperti perawatan. Salah satu komponen pada laptop yang perlu mendapat perhatian dalam hal perawatan adalah RAM. Sektor satu ini tentu penting diperhatikan dan dijaga agar laptop tetap bisa digunakan dengan lancar.

Menjaga RAM pada dasarnya bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah. Membersihkan sektor tersebut secara rutin merupakan cara paling benar untuk menjaga performa RAM agar tetap stabil. Tak hanya itu, mengecek kapasitas RAM pada laptop juga penting untuk dilakukan agar setiap pengguna bisa mengupgrade sektor tersebut dengan mudah jika diperlukan.

Berkenaan dengan bahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (8/12), cara cek kapasitas RAM laptop dan langkah membersihkannya.

Cara cek kapasitas RAM laptop dan langkah membersihkannya.

Cara mengecek kapasitas RAM laptop pada dasarnya bisa dilakukan dengan banyak cara. Namun perlu diingat, semua cara yang ada pada dasarnya termasuk akurat untuk dicoba. Setelah mengetahui kapasitas RAM laptop, langkah lain yang perlu dilakukan adalah membersihkan komponen tersebut. Untuk membersihkan RAM laptop, pada dasarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Untuk membahas lebih detail mengenai cara mengecek kapasitas RAM dan membersihkannya, kamu bisa simak ulasan berikut.

Cara cek kapasitas RAM laptop.

Cara cek kapasitas RAM laptop dan langkah membersihkannya, jadi alternatif cegah kerusakan dini

foto: unsplash.com

Untuk mengecek kapasitas RAM laptop, ada beberapa cara yang efektif untuk dilakukan. Sesuai yang telah dijelaskan sebelumnya, semua cara yang ada pada dasarnya sama efektifnya. Hanya saja cara dan langkah yang diperlukan mungkin berbeda. Untuk mulai mengecek kapasitas RAM pada laptop, kamu bisa baca penjabaran berikut.

1. Melalui Start Menu.

Mengecek RAM pada laptop melalui setting bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Kamu bisa memanfaatkan Start Menu untuk mengetahui kapasitas RAM yang ada pada laptop. Untuk mulai mengetahui kapasitas RAM pada laptop, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Masuk ke Start Menu kemudian pilih Control Panel.
2. Pada Control Panel, masuk ke System and Security.
3. Langkah terakhir kamu perlu masuk ke System untuk mengetahui kapasitas RAM yang disematkan pada laptop.

2. Melalui Task Manager.

Cara kedua yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui kapasitas RAM laptop adalah menggunakan Task Manager. Pada dasarnya, mengecek kapasitas RAM menggunakan Task Manager cukup mudah. Kamu bisa simak ulasan berikut untuk mulai menggunakan Task Manager untuk mengetahui kapasitas RAM.

1. Buka kolom pencarian pada laptop kemudian ketikkan Task Manager dan tekan Enter.
2. Setelah memasuki Task Manager, kamu bisa klik tab Performance kemudian buka Memory.
3. Setelah membuka tab Memory, kamu bisa mengetahui kapasitas RAM yang digunakan.

Cara membersihkan RAM laptop.

Cara cek kapasitas RAM laptop dan langkah membersihkannya, jadi alternatif cegah kerusakan dini

foto: unsplash.com

Setelah mengetahui cara cek kapasitas RAM laptop, kini saatnya mengetahui langkah untuk membersihkan komponen tersebut. Dengan membersihkan RAM secara menyeluruh, kamu bisa menjaga performa dari perangkat tersebut agar tetap stabil. Untuk mulai membersihkan RAM laptop, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Matikan laptop yang kamu gunakan.
2. Lepas semua baut pada bagian belakang untuk membuka casing laptop.
3. Buka casing laptop menggunakan alat pembuka atau benda tipis seperti kartu ATM.
4. Setelah casing laptop sudah terbuka, lepaskan RAM yang digunakan pada laptop.
5. Untuk melepas RAM laptop, kamu bisa menekan part tersebut ke bawah hingga berbunyi klik.
6. Tarik RAM tersebut secara perlahan hingga terlepas sempurna.
7. Setelah RAM laptop terlepas, kamu bisa bersihkan pin kuning yang ada di komponen tersebut.
8. Cara membersihkan pin RAM yang benar adalah menggunakan isopropil alkohol dengan cara digosok menggunakan benda lembut seperti kuas.
9. Keringkan RAM hingga kering sempurna.
10. Setelah sudah kering sempurna, pasangkan RAM laptop kembali dengan cara memasangkan pin kuning terlebih dahulu kemudian tekan komponen tersebut ke bawah hingga berbunyi klik.
11. Pasang kembali casing laptop yang telah dilepas sebelumnya menggunakan baut yang ada.
12. Nyalakan lagi laptop yang telah dibersihkan untuk mengecek performa perangkat tersebut.


(brl/tin)