Cara screenshot panjang di laptop dengan mudah, tangkapan gambar jadi lebih luas

Cara screenshot panjang di laptop dengan mudah, tangkapan gambar jadi lebih luas

Techno.id - Pekerjaan di era modern seperti sekarang ini khususnya yang terintegrasi dengan penggunaan internet memerlukan perangkat andal dengan mobilitas tinggi. Salah satu perangkat yang tentu memiliki mobilitas tinggi dan bisa diandalkan adalah laptop. Dengan perangkat satu ini, banyak keperluan bisa dilakukan tanpa ada gangguan.

Salah satu keperluan yang bisa dilakukan menggunakan sebuah laptop adalah menangkap momen penting pada layar atau yang lebih dikenal dengan nama screenshot. Pada dasarnya screenshot di layar laptop sudah umum dilakukan. Namun lain halnya dengan screenshot untuk menghasilkan gambar yang panjang.

Screenshot panjang pada layar laptop tentu memiliki banyak keunggulan. Tidak hanya bisa menangkap momen dengan lebih luas, screenshot panjang pada layar laptop juga membuat pengguna tidak perlu melakukan kegiatan yang sama secara berulang kali. Hanya dengan sekali jepret, banyak data dan informasi bisa direkam dengan baik.

Perlu diingat, sebelum melakukan screenshot panjang pada layar laptop, tentu perlu ada yang dipersiapkan. Untuk membahas lebih detail mengenai bahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (7/12), cara screenshot panjang di laptop dengan mudah.

Cara screenshot panjang di laptop dengan mudah.

Perlu diketahui, screenshot panjang di laptop tidak bisa dilakukan pada semua aplikasi. Hanya beberapa browser seperti Chrome dan Mozilla yang bisa menggunakan cara ini. Tak kalah penting, kamu juga perlu menambahkan ekstensi agar bisa melakukan screenshot panjang di laptop. Untuk mulai melakukan screenshot panjang di laptop kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Cara screenshot panjang di Chrome.

Cara screenshot panjang di laptop dengan mudah, tangkapan gambar jadi lebih luas

foto: splitshire.com

Browser pertama yang bisa kamu gunakan untuk screenshot panjang adalah Google Chrome. Browser bikinan Google satu ini memiliki sebuah ekstensi yang bisa kamu gunakan dengan mudah untuk melakukan screenshot panjang. Untuk mulai mengetahui cara screenshot panjang di Chrome kamu bisa simak langkah berikut.

1. Download ekstensi GoFullPage di Chrome Store.
2. Setelah proses download ekstensi selesai klik ikon GoFullPage di bar Chrome.
3. Kamu bisa memilih area yang yang akan di screenshot panjang menggunakan GoFullPage.
4. Jika sudah, file screenshot yang telah ditangkap akan tersimpan dalam format PDF atau PNG.

2. Cara screenshot panjang di Mozilla.

Cara screenshot panjang di laptop dengan mudah, tangkapan gambar jadi lebih luas

foto: splitshire.com

Selain Google Chrome, browser lain seperti Mozilla juga bisa kamu gunakan untuk melakukan screenshot panjang. Pada dasarnya cara yang diperlukan tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan Google Chrome. Kamu bisa mendownload Mozilla versi Quantum agar bisa screenshot panjang dengan mudah di laptop yang digunakan. Untuk mulai mengetahui cara screenshot panjang menggunakan Mozilla Quantum, kamu bisa simak langkah berikut.

1. Buka Mozilla pada laptop yang kamu gunakan kemudian ketikkan https://www.mozilla.org/id/firefox/browsers/quantum/ pada kolom pencarian.
2. Jika sudah, download browser Quantum yang ada pada link sebelumnya.
3. Setelah proses download selesai, klik ikon titik tiga yang ada pada Address bar.
4. Klik menu Take a Screenshot kemudian pilih opsi Save Full Page atau gerakan kursor.
5. Jika sudah, secara otomatis Mozilla Quantum akan melakukan screenshot panjang pada laptop yang kamu pakai.


Meski hanya bisa menggunakan dua cara, namun dua pilihan tersebut menjadi opsi paling mudah untuk dilakukan. Bagi kamu yang sekiranya membutuhkan tangkapan gambar yang luas dan panjang, bisa gunakan 2 cara yang telah dijelaskan sebelumnya.


(brl/tin)