Cara menambah RAM laptop dengan aman, tak perlu ke service center

Cara menambah RAM laptop dengan aman, tak perlu ke service center

Techno.id - Laptop merupakan sebuah barang elektronik yang memiliki kemudahan dalam penggunaan. Desain ramping, performa lumayan, serta opsi upgrade yang melimpah membuat laptop menjadi salah satu alat kerja yang bisa dibilang mumpuni. Saking canggihnya, tak jarang ada orang yang rela membeli laptop dengan harga tinggi agar kenyamanan yang didapatkan juga maksimal.

Bicara kenyamanan pada laptop, tentu faktor utama yang berkaitan dengan hal tersebut adalah performa. Tidak melulu soal processor kencang, komponen lain seperti RAM juga menyumbangkan peran penting pada kelancaran laptop.

RAM atau random access memory merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengirimkan data baik dari processor ke komponen lain seperti monitor dan storage, maupun sebaliknya. Saking pentingnya fungsi RAM, tidak sedikit orang yang melakukan upgrade di sektor tersebut.

Mengupgrade RAM pada dasarnya bisa dilakukan sendiri tanpa harus datang ke service center. Namun tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses upgrade RAM bisa dilakukan dengan lancar.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (26/10), cara menambah RAM laptop dengan aman.

Persiapan sebelum upgrade RAM

Cara menambah RAM laptop dengan aman, tak perlu ke service center

foto: pixabay.com

Proses penambahan RAM tentu memerlukan beberapa perhatian. Mulai dari memilih RAM itu sendiri, persiapan alat yang digunakan, serta teknik pemasangan yang benar menjadi hal penting yang tidak bisa dihiraukan.

Persiapan tersebut tentu menjadi penting karena jika terjadi kesalahan dalam proses upgrade RAM, bukan tidak mungkin laptop yang kamu pakai malah mengalami gangguan seperti blue screen. Sebelum mulai memahami cara penambahan RAM yang benar, agaknya kamu perlu memerhatikan beberapa bagian berikut agar proses upgrade bisa berjalan dengan lancar.

1. Pastikan slot RAM pada laptop tersedia lebih dari satu

Melihat slot RAM pada laptop perlu dilakukan agar kamu bisa dengan mudah menentukan kapasitas RAM yang akan ditambahkan. Jika slot RAM pada laptop kamu terdapat dua buah, kamu bisa menambah satu keping lagi dengan kapasitas yang sama. Sebagai contoh, jika laptop kamu memiliki dua slot RAM namun yang terisi baru satu slot dengan kapasitas 4 GB, kamu bisa menambahkan satu keping 4 GB atau bahkan 8 GB jika diperlukan.

Untuk mengetahui jumlah slot pada RAM, kamu bisa klik kanan di bagian Taskbar > Task Manager > Performance > Memory. Pada bagian SLot used, akan terpampang jumlah slot yang tersedia dan yang telah digunakan. Jika tertulis 1 of 2, kamu bisa menambah satu keping RAM tanpa perlu melepas RAM sebelumnya.

2. Pilih jenis RAM yang sesuai

Tidak hanya melakukan pengecekan pada jumlah slot, jenis RAM yang digunakan juga perlu diketahui terlebih dahulu. Kamu bisa mengetahui spesifikasi RAM melalui Task Manager seperti cara sebelumnya. Namun jika ingin mendapat informasi lebih lengkap, kamu bisa melepas dulu RAM pada laptop kemudian perhatikan stiker yang tertempel di sisi depan RAM yang ada. Akan terdapat informasi seperti merek, nomor model, informasi penting seperti DDR3, DDR4 atau DDR5, serta kecepatan RAM yang biasanya tertulis 1333 MHz, 2666 MHz, 3200 MHz, 4000 MHz, dan masih banyak lagi.

Cara menambah RAM laptop dengan aman

Cara menambah RAM laptop dengan aman, tak perlu ke service center

foto: pixabay.com

Setelah mengetahui jenis dan slot RAM yang ada pada laptop kamu, kini saatnya melakukan upgrade di sektor tersebut. Untuk melakukan upgrade RAM secara mandiri, kamu hanya perlu menyiapkan RAM baru, obeng plus kecil, alat pencongkel casing laptop atau pick gitar, serta tempat untuk meletakkan baut laptop. Untuk mulai melakukan upgrade RAM secara mandiri, kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Siapkan RAM dan obeng plus kecil yang kamu miliki.
2. Buka semua baut yang ada pada bagian belakang laptop. Pada laptop seri lawas, biasanya terdapat bagian khusus yang bisa digunakan untuk menambah RAM tanpa melepas semua baut pada sisi belakang laptop.
3. Setelah semua baut terlepas, masukan baut laptop pada wadah yang telah disediakan sebelumnya.
4. Pisahkan casing atas dan bawah menggunakan alat pencongkel atau pick gitar.
5. Untuk menghindari konslet, akan lebih baik jika kamu melepas soket baterai laptop terlebih dahulu. Hal ini menjadi penting mengingat baterai merupakan sumber listrik bagi laptop. Bukan tidak mungkin jika baterai laptop bekerja saat RAM sedang dilepas pasang.
6. Cari bagian RAM dan pemasangan RAM baru yang sudah disiapkan. Untuk memasangkan RAM dengan benar, masukkan pin kuning pada bagian depan RAM ke dalam slot yang tersedia, kemudian tekan secara perlahan hingga berbunyi klik dan pengunci pada kedua sisi RAM mengancing sempurna.
7. Jika proses pemasangan RAM baru telah selesai, pasangkan kembali casing laptop yang telah dilepas kemudian kencangkan menggunakan baut.
8. Nyalakan laptop kamu dan tunggu hingga proses booting selesai.
9. Jika laptop sudah siap digunakan, klik kanan di bagian Taskbar > Task Manager > Performance > Memory. Jika prose penambahan RAM berhasil, secara otomatis slot RAM yang semula tertuliskan 1 of 2, akan berubah menjadi 2 of 2. Tidak hanya itu, pada bagian Available juga akan bertambah sesuai kapasitas RAM yang kamu tambahkan.


(brl/guf)