Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian

Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian

Techno.id - Laptop merupakan salah satu perangkat yang memiliki banyak sekali fungsi. Benda tipis dengan layar lumayan lebar ini memiliki mobilitas yang tinggi berkat dimensi ringkas dan bobot ringan yang dimilikinya. Bahkan saking ringkasnya perangkat satu ini, tidak jarang banyak orang yang mengincar sebuah laptop dengan spesifikasi cukup tinggi.

Selayaknya sebuah barang elektronik buatan manusia, laptop tentu bisa saja mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan yang bisa dibilang fatal pada sebuah laptop adalah keyboard. Tak melulu rusak semua komponen, bukan barang mustahil jika keyboard pada laptop rusak hanya sebagian.

Kerusakan keyboard laptop yang hanya sebagian pada dasarnya bisa disebabkan karena beberapa faktor. Penggunaan yang kurang tepat, benturan dengan benda keras, serta korsleting menjadi beberapa hal yang bisa mengakibatkan kerusakan pada sebagian komponen keyboard.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Senin (5/12), cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian.

Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian

Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian

foto: burst.shopify.com

Saat kamu mengalami keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian, tak perlu langsung panik. Bisa jadi kerusakan tersebut tidak berlangsung secara permanen. Konsleting atau bahkan hanya kerusakan kecil bisa jadi mengakibatkan kerusakan pada keyboard laptop yang hanya sebagian. Saat kamu mengalami kendala tersebut, simak langkah berikut untuk memperbaikinya.

1. Restart atau matikan perangkat

Saat kamu mengalami kerusakan keyboard yang hanya sebagian, matikan atau restart laptop yang digunakan. Beberapa penyebab seperti hang atau panas berlebih bisa menyebabkan keyboard laptop kamu mengalami kerusakan. Dengan merestart atau mematikan laptop, kemungkinan perangkat tersebut kembali normal bisa jadi cukup besar. Setelah mematikan laptop atau merestartnya, kamu bisa mengecek apakah keyboard tersebut sudah berfungsi kembali.

2. Periksa driver keyboard

Tidak melulu soal perangkat yang error, software pada perangkat tersebut yang mengalami masalah juga bisa menjadi penyebab utama. Kamu bisa memeriksa driver keyboard laptop yang digunakan barangkali terjadi masalah di sektor tersebut. Kamu bisa masuk ke Device Manager kemudian Keyboards. Selanjutnya cari bagian Update Driver untuk memeriksa barang kali ada pembaruan yang diperlukan. Jika ada, segera saja update driver yang ada barangkali dengan cara tersebut bisa memperbaiki keyboard yang mati sebagian.

3. Melepas baterai laptop

Jika laptop kamu masih seri lawas, coba lepas baterai perangkat tersebut namun dalam dalam kondisi perangkat yang sudah dimatikan. Setelah melepas baterai yang digunakan, kamu bisa pasangkan kembali baterai laptop tersebut kemudian nyalakan ulang. Dengan cara ini, bisa jadi keyboard kamu yang mati sebagian bisa teratasi dengan baik.

4. Bersihkan keyboard laptop

Kerusakan pada keyboard laptop yang hanya sebelah pada dasarnya bisa disebabkan oleh debu atau kotoran yang mengganggu. Kami bisa membersihkan keyboard laptop dengan kuas khusus atau blower kecil untuk membersihkan debu yang mengganggu. Jika diperlukan, kamu bisa membersihkan keyboard tersebut menggunakan isopropil alkohol yang tentunya aman untuk perangkat elektronik.

5. Periksa pin pada keyboard laptop

Kerusakan pada sebelah bagian laptop bisa juga disebabkan karena pin yang kotor atau tidak terpasang dengan baik. Kamu bisa melepas pin pada keyboard laptop untuk membersihkannya atau membenarkan posisi jika terjadi kesalahan pasang. Jika ingin dibersihkan, kamu bisa menggunakan isopropil sama seperti cara sebelumnya.

Namun jika kamu menggunakan seperangkat device yang mumpuni dan berkualitas tentu komponen bisa diminimalisir kerusakannya. Oleh karena itu kamu perlu memilih magic keyboard dengan Mac yang dapat digunakan secara nirkabel melalui bluetooth. Cek rekomendasi di bawah ini.

(brl/guf)