Cara membersihkan keyboard laptop dengan aman, tak perlu dibawa ke service center

Cara membersihkan keyboard laptop dengan aman, tak perlu dibawa ke service center

Techno.id - Laptop diandalkan untuk menunjang berbagai pekerjaan dengan mudah. Pasalnya, laptop yang notabene benda tipis lebih dari cukup untuk dijadikan alat kerja yang andal. Terlebih lagi perawatan laptop yang cenderung mudah membuat perangkat satu ini menjadi incaran banyak orang.

Bicara soal perawatan, laptop tentu juga perlu diperhatikan khususnya bagian kebersihan di area keyboard. Membersihkan keyboard secara rutin tentu bukan tanpa alasan. Perhatian lebih di sektor pengetikan tersebut penting dilakukan agar pengguna bisa merasa nyaman saat jari mereka beradu dengan puluhan tombol yang ada di sisi palmrest laptop.

Perlu diingat, membersihkan area keyboard laptop tentu harus sesuai dengan petunjuk. Membersihkan keyboard sembarangan dapat berujung dengan kerusakan yang fatal. Tapi tenang, membersihkan keyboard laptop pada dasarnya bisa dilakukan sendiri jika memperhatikan cara yang benar.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (6/12), cara membersihkan keyboard laptop dengan aman.

Cara membersihkan keyboard laptop dengan aman

Cara membersihkan keyboard laptop dengan aman, tak perlu dibawa ke service center

foto: isorepublic.com

Saat membersihkan keyboard laptop, beberapa hal penting tentu perlu kamu perhatikan. Saat membersihkan keyboard laptop pastikan tangan kamu dalam kondisi kering. Bahkan jika diperlukan, gunakan sarung tangan khusus yang bisa mencegah keringat masuk ke bagian keyboard.

Tak kalah penting, pastikan saat membersihkan keyboard laptop, perangkat tersebut sedang tidak terkoneksi dengan arus manapun. Jika semua syarat tersebut sudah dilakukan, kamu bisa menyimak cara berikut untuk membersihkan keyboard laptop.

1. Pastikan laptop dalam kondisi mati

Saat laptop kamu masih menyala, kemungkinan keyboard tertekan saat dibersihkan akan sangat mungkin untuk terjadi. untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut, ada baiknya kamu mematikan laptop terlebih dahulu. Selain memudahkan proses pembersihan, mematikan laptop juga berfungsi untuk menghindari konsleting saat menghilangkan kotoran pada keyboard.

2. Bersihkan keyboard menggunakan kuas khusus

Kamu bisa menggunakan kuas yang paling lembut untuk membersihkan keyboard laptop. Atau jika susah untuk didapatkan, kamu bisa menggunakan kuas makeup yang biasa digunakan oleh perempuan. Tujuan dari penggunaan kuas yang lembut tentu untuk menghindari goresan atau kerusakan saat benda tersebut disapukan pada permukaan dan bagian dalam keyboard.

Selain itu, dengan kuas yang lembut juga memudahkan kamu dalam menjangkau sudut atau sela-sela kecil yang ada pada keyboard laptop. Dengan demikian, proses pembersihan keyboard laptop bisa dilakukan dengan lebih mudah.

3. Sedot kotoran menggunakan vacuum khusus

Sudah tersedia banyak vacuum dengan ukuran mini yang pada dasarnya memang ditujukan untuk membersihkan benda kecil salah satunya keyboard laptop. Dengan menggunakan vacuum khusus, debu dan kotoran yang ada pada keyboard laptop bisa diangkat dengan mudah. Kamu hanya perlu menyedot bagian yang dirasa kotor kemudian ulangi beberapa kali agar keyboard bisa bersih dengan maksimal

4. Finishing dengan cairan pembersih

Jika bingung memilih cairan yang sesuai untuk membersihkan keyboard laptop, kamu bisa membeli isopropil alkohol untuk memudahkan keperluan tersebut. Isopropil alkohol merupakan cairan yang aman saat digunakan untuk membersihkan barang elektronik salah satunya keyboard.

Kamu bisa menyesuaikan persentase isopropil alkohol yang akan digunakan untuk membersihkan keyboard. Semakin tinggi persentase isopropil alkohol yang kamu pakai, maka akan semakin bagus cairan tersebut dalam membersihkan debu serta kotoran yang ada.

Cara membersihkan keyboard laptop secara menyeluruh

Cara membersihkan keyboard laptop dengan aman, tak perlu dibawa ke service center

foto: isorepublic.com

Pada dasarnya, cara yang ada di atas bisa dilakukan untuk membersihkan permukaan dan sela-sela keyboard saja. Jika ingin membersihkan keyboard secara menyeluruh, kamu perlu melepas alat pengetik tersebut dari body laptop. Caranya, kamu bisa siapkan obeng dan alat pembuka seperti kartu ATM dan sejenisnya untuk memisahkan setiap body laptop.

Saat semua body laptop sudah terpisah, lepas soket keyboard yang terpasang pada motherboard. Jika sudah terlepas sempurna, kamu bisa membersihkan keyboard laptop secara menyeluruh menggunakan cara yang telah dijabarkan di atas. Jika diperlukan, kamu juga bisa membersihkan soket penghubung keyboard dengan motherboard menggunakan isopropil alkohol lalu tunggu hingga kering.

Setelah keyboard laptop sudah dibersihkan dengan sempurna, pasangkan lagi keyboard pada body laptop dan jangan lupa hubungkan soket yang telah dilepas dan dibersihkan sebelumnya. Setelah semua komponen sudah terpasang dengan benar, kamu sudah bisa menyalakan laptop seperti biasa.


(brl/guf)