Cara aktifkan, gunakan, dan matikan fitur talkback di HP Android, cepat nggak ribet

Cara aktifkan, gunakan, dan matikan fitur talkback di HP Android, cepat nggak ribet

Techno.id - Apakah kamu sudah tahu tentang fitur talkback di smartphone? Lalu apa sebenarnya kegunaan dari fitur tersebut? Bagi yang belum tahu, yuk simak penjelasan berikut ini.

TalkBack atau Voice Assistant merupakan fitur yang membantu para pengguna tuna netra atau rabun agar dapat memakai smartphone secara mudah. Fitur ini memberikan umpan balik suara, sehingga pengguna dapat menggunakan perangkat tanpa melihat layar. Tentu fitur ini memiliki manfaat terutama bagi orang berkebutuhan khusus.

Lantas bagaimana cara mengaktifkan fitur talkback di smartphone? Berikut techno.id sajikan langkah-langkah yang bisa dilakukan, untuk menggunakan fitur talkback pada Senin (23/1).

Cara mengaktifkan fitur talkback.

Cara aktifkan, gunakan, dan matikan fitur talkback di HP Android, cepat nggak ribet

foto: Techno.id/ Adnan

1. Silakan masuk ke menu pengaturan smartphone yang digunakan.
2. Kemudian masuk ke opsi "Tambahan fitur".
3. Setelah itu pilih menu "aksesibilitas".
4. Kemudian pilih opsi "TalkBack".
5. Aktifkan opsi talkback untuk menyalakan fitur.
6. Nantinya perangkat dengan talkback aktif akan berbeda dalam penggunaannya. Ponsel akan memunculkan sebuah kotak saat pengguna mengetuk opsi menu. Kemudian ponsel akan mengeluarkan suara Google dengan menyebutkan nama menu apabila menu di klik.
7. Untuk membuka atau mengklik menu, pengguna perlu melakukan double klik agar dapat mengakses menu. Apabila hanya memakai satu klik, maka menu tidak bisa dibuka.
8. Selain itu, pengguna bisa memakai dua jari untuk melakukan scrolling layar.
9. Lebih lanjut, untuk mematikan fitur ini pengguna bisa masuk ke menu "Tambahan fitur". Kemudian pilih aksesibilitas dan klik TalkBack. Kemudian matikan fitur talkback dengan menggeser toggle yang telah tersedia.
10. Viola, smartphone menjadi mode default seperti semula.

Itulah cara menggunakan fitur talkback di smartphone. Apabila pengguna mengalami talkback yang aktif sendiri, jangan buru-buru panik, ya! Langsung saja ikuti cara seperti di atas. Selamat mencoba!


(brl/guf)