Berapa lama baterai laptop seharusnya bertahan? Simak penjelasan dan cara memperpanjang masa pakainya

Berapa lama baterai laptop seharusnya bertahan? Simak penjelasan dan cara memperpanjang masa pakainya

Daya tahan baterai laptop

Apa yang memengaruhi masa pakai baterai laptop?

Berapa lama baterai laptop seharusnya bertahan? Simak penjelasan dan cara memperpanjang masa pakainya foto: unsplash/thisisengineering

Beberapa faktor memengaruhi masa pakai baterai laptop, termasuk total siklus pengisian daya, paparan panas yang berlebihan, dan kualitas baterai itu sendiri.

1. Siklus pengisian daya

Faktor paling signifikan yang memengaruhi masa pakai baterai laptop adalah seberapa cepat kamu melakukan siklus pengisian daya. Seperti yang telah disebutkan, sebagian besar laptop memiliki antara 500 dan 1.000 siklus pengisian daya sebelum baterai kehilangan kapasitas yang signifikan.

Akibatnya, laptop yang sering digunakan tetapi dalam waktu singkat biasanya akan memiliki masa pakai baterai yang lebih lama daripada laptop yang digunakan berjam-jam setiap hari.

2. Kualitas baterai

Kualitas baterai itu sendiri juga akan memengaruhi masa pakainya. Umumnya, kamu akan mendapatkan masa pakai terbaik dari baterai OEM-atau baterai pihak ketiga yang terbuat dari bahan berkualitas seperti lithium. Baterai pihak ketiga yang dibuat dengan harga murah cenderung memiliki masa pakai yang lebih pendek secara keseluruhan dan mungkin lebih rentan terhadap degradasi yang disebabkan panas yang berlebihan atau watt pengisi daya yang tinggi.

3. Pengisian daya yang tidak tepat

Berapa lama baterai laptop seharusnya bertahan? Simak penjelasan dan cara memperpanjang masa pakainya foto: unsplash/bram van oost

Watt pengisi daya laptop juga penting. Masa pakai baterai laptop akan dimaksimalkan ketika kamu menggunakan pengisi daya bawaan laptop, atau pengisi daya pihak ketiga yang memiliki watt yang setara.

Menggunakan pengisi daya dengan watt yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan (seperti 65W, bukan 45W) akan menyebabkan baterai laptop cepat rusak.

4. Panas yang berlebihan

Panas adalah faktor eksternal utama yang dapat mengurangi masa pakai baterai laptop. Kerusakan dapat disebabkan sumber panas internal atau eksternal. Kamu harus menghindari penggunaan laptop dalam cuaca yang sangat panas dan memastikan ventilasi bagian bawah selalu terbuka.

Hindari melakukan overclocking CPU atau menggunakan aplikasi yang membuat laptop menjadi panas. Kamu mungkin perlu memperbaiki laptop jika sering mengalami panas berlebih.

5. Kurangnya penggunaan

Terakhir, salah satu faktor yang memengaruhi masa pakai baterai adalah membiarkan laptop tidak digunakan. Jika baterai disimpan selama beberapa minggu atau lebih lama sementara daya masih tersisa di dalam baterai, energi yang tersimpan tersebut akan dengan cepat menurunkan daya baterai.

Kamu harus mengosongkan baterai laptop sepenuhnya sebelum menyimpannya jika berniat menyimpan laptop untuk waktu yang lebih lama.

Memperpanjang masa pakai baterai laptop

Berapa lama baterai laptop seharusnya bertahan? Simak penjelasan dan cara memperpanjang masa pakainya foto: unsplash/sebastiaan chia

Ini adalah gangguan besar ketika laptop tidak dapat mengisi daya dengan baik. Meskipun penurunan kualitas baterai tidak dapat dihindari, hal ini dapat dikurangi dengan menggunakan setiap siklus pengisian daya dengan bijaksana dan menerapkan kebiasaan perawatan baterai yang baik.

Ketika baterai pada akhirnya habis, menggantinya dengan baterai OEM atau baterai pihak ketiga yang berkualitas adalah cara terbaik untuk memperpanjang masa pakai laptop.

(brl/red)