7 Tips untuk menjaga gadget kamu agar tidak terlalu panas

7 Tips untuk menjaga gadget kamu agar tidak terlalu panas

Techno.id - Sudah bukan rahasia lagi jika panas adalah musuh utama perangkat elektronik, mulai dari komputer, konsol game, ponsel cerdas, atau gadget yang menghasilkan panas. Semua gadget menghasilkan panas. Karena itu perangkat elektronik dengan chip computer, perlu membuang panas dari chip dan konduktornya. Jika tidak, transistor dalam chip tidak akan berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga gadget agar tidak terlalu panas.

1. Hindari sinar matahari langsung atau menyimpan gadget di dalam mobil saat terik

7 Tips untuk menjaga gadget kamu agar tidak terlalu panas foto: freepik/sergey_cherevko

Jangan gunakan gadget di luar ruangan saat cuaca sangat panas. Udara panas yang mengalir melalui perangkat tidak akan mampu mendinginkan gadget dengan baik. Selain itu, hindari sinar matahari langsung yang mengenai perangkat, yang akan memanaskannya secara dramatis.

Selain itu jika mobil kamu terpanggang di bawah sinar matahari, jangan tinggalkan gadget di dalamnya. Setelah kamu berada di dalam mobil, matikan gadget sampai kamu mendapatkan ventilasi atau menyalakan pendingin udara (AC).

Udara dingin dari AC akan membantu menghilangkan panas dari perangkat saat berjalan. Jika tidak ada, arahkan kipas angin langsung ke perangkat dan sebisa mungkin simpan di tempat teduh.

2. Gunakan cooling pad atau dudukan laptop

7 Tips untuk menjaga gadget kamu agar tidak terlalu panas foto: freepik/amnarj

Jika kamu menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama di lingkungan yang panas, sebaiknya gunakan cooling pad. Perangkat ini sering kali menyertakan kipas tambahan atau heat sink yang membantu mengatur suhu perangkat agar tidak terlalu panas.

Jika tidak ingin mengeluarkan uang untuk cooling pad, cukup letakkan laptop di atas platform yang lebih tinggi. Semakin besar jarak antara laptop dan dengan pemukaan meja, semakin baik potensi sirkulasi udara.

3. Berikan ruang untuk bernapas

7 Tips untuk menjaga gadget kamu agar tidak terlalu panas foto: freepik/billionphotos

Jika kamu menggunakan komputer atau konsol game, usahakan memberikan ruang bernapas pada perangkat tersebut. Jika kamu letakkkan perangkat di dalam kabinet, usahakan bisa mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Usahakan perangkat bisa mendapatkan udara segar.

4. Jaga kebersihan ventilasi

7 Tips untuk menjaga gadget kamu agar tidak terlalu panas foto: techno.id/yani andriyansyah

Penumpukan debu adalah salah satu penyebab utama komputer dan konsol game menjadi terlalu panas. Pastikan untuk membersihkan perangkat secara teratur untuk mencegah debu menyumbat ventilasi, pendingin, atau kipas. Debu akan menghambat aliran udara, sehingga menyebabkan perangkat menjadi terlalu panas.

(brl/red)