Berapa lama baterai laptop seharusnya bertahan? Simak penjelasan dan cara memperpanjang masa pakainya

Berapa lama baterai laptop seharusnya bertahan? Simak penjelasan dan cara memperpanjang masa pakainya

Techno.id - Dalam rentang waktu bertahun-tahun, baterai pada perangkat seperti laptop dan ponsel akan kehilangan kemampuannya untuk menyimpan daya. Periode antara penggunaan pertama baterai dan ketidakmampuannya untuk menyimpan daya dikenal sebagai masa pakai baterai. Untuk merawat laptop kamu dengan benar, mengetahui berapa lama baterai seharusnya bertahan adalah hal yang penting.

Berapa lama daya tahan baterai laptop?

Berapa lama baterai laptop seharusnya bertahan? Simak penjelasan dan cara memperpanjang masa pakainya foto: unsplash/yu hai

Umumnya, baterai laptop akan bertahan selama dua hingga lima tahun sebelum kehilangan kemampuannya untuk mengisi daya. Meskipun perkiraan ini mencerminkan masa pakai baterai pada laptop yang digunakan rata-rata pengguna, perkiraan ini tidak sepenuhnya akurat. Masa pakai baterai tergantung pada seberapa cepat kamu bekerja melalui siklus pengisian daya baterai.

Setiap siklus pengisian daya terjadi ketika baterai beralih dari pengisian penuh ke pengosongan penuh (100%-0%). Rata-rata laptop memiliki baterai yang dapat bertahan antara 300 hingga 500 siklus pengisian daya sebelum terjadi penurunan kapasitas baterai yang signifikan. Menggunakan laptop lebih jarang dapat memperpanjang siklus ini, meskipun tidak digunakan sama sekali dapat memperpendek masa pakai baterai.

Penting untuk mempertimbangkan berapa lama setiap siklus pengisian daya berlangsung. Jika laptop kamu memiliki daya selama 10 hingga 12 jam setelah terisi penuh, kamu hanya dapat menggunakan satu siklus pengisian daya setiap dua hari. Cara ini secara efektif menjamin baterai akan bertahan selama beberapa tahun. Jika baterai hanya dapat bertahan selama lima jam, kamu mungkin perlu menggunakan beberapa siklus pengisian daya setiap hari.

(brl/red)