Cara mengisi daya baterai smartphone atau laptop di dalam pesawat

Cara mengisi daya baterai smartphone atau laptop di dalam pesawat

Techno.id - Saat kamu melakukan perjalanan dan terpaksa harus mengerjakan tugas kantor di dalam pesawat terbang, maka kamu harus mempersiapkan baterai perangkat dalam kondisi terisi penuh.

Namun jika kamu memerlukan tempat untuk mengisi daya perangkat, bandara menyediakan tempat pengisian daya di terminal. Bahkan beberapa maskapai penerbangan menawarkan stopkontak atau port USB di kursi. Namun, tidak semua pesawat memiliki pilihan daya, jadi kamu mungkin memerlukan teknik pengisian daya alternatif.

Gunakan pengisi daya portabel atau power bank

Cara mengisi daya baterai smartphone atau laptop di dalam pesawat foto: freepik/tonefotografia

Isi daya di bandara sebelum penerbangan atau di rumah sebelum kamu berangkat. Namun jika harus mengisi daya tetapi maskapai tidak menyediakan port pengisian daya maka kamu dapat menggunakan pengisi daya portabel atau power bank yang menyediakan daya yang cukup untuk menjalankan perangkat beberapa kali. Namun tidak semua maskapai memperbolehkan penumpang mengisi daya menggunakan power bank.

Untuk tablet, ponsel, pembaca e-book, atau perangkat lain yang mengisi daya melalui USB, kamu hanya memerlukan baterai USB. Beberapa memiliki beberapa port USB untuk mengisi daya lebih dari satu perangkat secara bersamaan.

Untuk mengisi daya laptop di pesawat, bawalah pengisi daya baterai laptop portabel. Laptop tidak hanya membutuhkan daya yang lebih besar daripada pengisi daya baterai untuk ponsel, tetapi kamu juga membutuhkan cara untuk mencolokkan laptop ke pengisi daya. Pengisi daya laptop portabel memiliki koneksi dua atau tiga cabang yang diperlukan untuk meniru stopkontak di dinding.

Sebaiknya isi daya pengisi daya baterai laptop semalaman karena daya yang ditampungnya sangat besar. Sambil menunggu di bandara untuk penerbangan, colokkan pengisi daya baterai untuk mengisi daya.

Mengisi daya di pesawat

Cara mengisi daya baterai smartphone atau laptop di dalam pesawat foto: freepik/psodaz

Beberapa pesawat menawarkan pengisi daya di kursi yang dapat digunakan dengan adaptor daya AC standar, seperti halnya laptop yang dicolokkan ke dinding di rumah. Untuk jenis pesawat ini, bawalah power adaptor standar yang kamu gunakan dengan stopkontak di dinding.

Cara mengurangi kebutuhan daya listrik

Cara mengisi daya baterai smartphone atau laptop di dalam pesawat foto: freepik/galaganovdm

Jika kamu tidak ingin membawa power bank, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memastikan perangkat tetap bertenaga lebih lama.

Salah satu cara untuk menghindari mengisi daya ponsel di pesawat adalah dengan memastikannya terisi penuh sebelum berangkat. Isi daya di bandara sebelum kamu lepas landas atau matikan ponsel hingga kamu masuk ke dalam pesawat untuk menghindari penggunaan ponsel hingga kamu membutuhkannya. Hal yang sama berlaku untuk perangkat lain yang membutuhkan daya di pesawat.

Cara lain untuk menghemat baterai ponsel, selain dengan tetap mematikannya, adalah dengan mematikan layanan lokasi, meredupkan kecerahan, dan mematikan pembaruan otomatis.

(brl/red)