Begini cara mengetahui kerusakan dan merawat perangkat pengisian daya ponsel

Begini cara mengetahui kerusakan dan merawat perangkat pengisian daya ponsel

Techno.id - Jika kamu memiliki kabel pengisi daya yang rusak, pertanyaan yang pasti muncul di benak kamu, apakah kabel tersebut dapat diperbaiki atau tidak? Kebanyakan orang akan membuang kabel mereka ketika rusak atau putus.

Tetapi sebelum kamu melakukannya, ada baiknya kamu mengetahui beberapa penyebab utama mengapa kabel pengisian daya tidak berfungsi. Ada beberapa penyebab kerusakan kabel pengisi daya.

Kerusakan terjadi pada port pengisian daya

Terkadang kabel pengisi daya tidak berfungsi dengan baik karena masalah terjadi pada port pengisian daya. Seiring waktu penggunaan karena sering dicolok dan dicabut, maka dapat menyebabkan port tergores atau rusak. Karena konektornya mengalami kerusakan maka kabel tidak berfungsi dengan baik.

Cara menyimpan

Cara kamu menangani atau menyimpan kabel berdampak langsung pada usia kabel. Selain itu kamu harus berhati-hati saat menyolokkan kabel ke ponsel karena tegangan di dekat port dapat merusak kabel dalam jangka panjang.

Keausan

Keausan juga menjadi salah satu alasan utama penyebab kerusakan kabel. Cara kamu menggunakan kabel sepanjang waktu mempengaruhi masa pakainya.

Begini cara mengetahui kerusakan dan merawat perangkat pengisian daya ponsel foto: freepik/macrovector

Karat

Kadang-kadang karena lembab, bagian logam pada kabel berkarat dan menyebabkan masalah saat mengisi daya. Karena itu sangat penting untuk melindungi kabel dan pinnya dari kelembaban.

Suhu

Jika suhu ruangan lebih tinggi dari biasanya, kondisi tersebut juga dapat merusak kabel karena bahan yang digunakan untuk membuat kabel tidak tahan terhadap panas dan dapat rusak karena suhu yang tinggi.

(brl/red)