Begini cara membuat baterai smartphone kamu lebih awet, nomor 3 sering diabaikan padahal penting

Begini cara membuat baterai smartphone kamu lebih awet, nomor 3 sering diabaikan padahal penting

Techno.id - Banyak dari kita yang mengandalkan smartphone untuk bekerja, bersantai, dan tetap berhubungan dengan orang yang dicintai. Jadi sebaiknya lakukan segala hal yang mungkin dilakukan untuk menghindari pemakaian baterai agar tidak ce[at rusak. Berikut ini beberapa tips dan trik untuk menunda keausan dan menjaga baterai tetap dalam kondisi yang baik.

1. Hindari suhu ekstrem

Begini cara membuat baterai smartphone kamu lebih awet, nomor 3 sering diabaikan padahal penting foto: freepik/user10860774

Baterai smartphone sensitif terhadap panas dan dingin. Jadi, paparan suhu tinggi atau rendah dapat memperpendek masa pakainya atau menyebabkannya lebih cepat habis. Kamu harus menghindari kedua kondisi tersebut jika ingin baterai smartphone kamu berumur panjang.

2. Mengisi daya dengan cerdas

Begini cara membuat baterai smartphone kamu lebih awet, nomor 3 sering diabaikan padahal penting foto: freepik/vlarvix

Kamu tidak perlu menunggu baterai ponsel mencapai nol persen untuk mulai mengisi daya atau mencapai 100% untuk berhenti. Isi daya sebanyak atau sesedikit yang kamu perlukan. Opsi ini penting karena setiap baterai memiliki jumlah siklus pengisian daya yang terbatas, dan kinerjanya akan menurun, atau benar-benar berhenti mengisi daya setelah mencapai siklus pengisian daya.

Pengosongan daya yang terlalu dalam, pengisian daya yang berlebihan, dan pengisian daya yang kurang dapat memengaruhi siklus pengisian daya, jadi sebaiknya hindari hal tersebut. Kamu juga dapat menggunakan fitur seperti Pengisian Daya yang Dioptimalkan atau Pengisian Daya Adaptif untuk meningkatkan masa pakai baterai.

3. Perbarui perangkat lunak

Begini cara membuat baterai smartphone kamu lebih awet, nomor 3 sering diabaikan padahal penting foto: freepik/billionphotos

Selalu pastikan menggunakan perangkat lunak smartphone versi terbaru, baik itu Android maupun iOS. Pembaruan perangkat lunak sering kali menghadirkan pengoptimalan untuk mendapatkan hasil maksimal dari komponen smartphone, selain fitur-fitur baru dan peningkatan keamanan. Jadi, jika kamu tidak menginstal pembaruan, mungkin akan kehilangan fitur atau peningkatan yang dapat meningkatkan masa pakai baterai.

(brl/red)