Begini cara antisipasi agar WhatsApp tak mudah dibajak

Begini cara antisipasi agar WhatsApp tak mudah dibajak

Techno.id - WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan paling popular di dunia. Tetapi seperti halnya aplikasi lain, akun WhatsApp juga rentan terhadap serangan peretas atau pencurian data.

Berikut Techno.id telah merangkum beberapa cara mencegah agar WhatsApp kamu tak mudah dibajak. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat meningkatkan keamanan akun WhatsApp dan melindungi privasi data yang kamu miliki.

1. Aktifkan Verifikasi Dua Faktor (2FA)

Langkah pertama yang sangat penting adalah mengaktifkan fitur verifikasi dua faktor di akun WhatsApp kamu. Verifikasi dua faktor dilakukan dengan cara menyematkan lapisan keamanan tambahan dengan meminta kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS atau email setiap kali kamu ingin masuk ke akun WhatsApp dari perangkat baru. Aktifkan opsi ini melalui Pengaturan WhatsApp > Akun > Verifikasi Dua Faktor.

Begini cara antisipasi agar WhatsApp tak mudah dibajak foto: freepik.com/inkdrop

2. Perbarui aplikasi WhatsApp

Pastikan kamu selalu menggunakan versi terbaru aplikasi WhatsApp. Pembaruan seringkali mengandung perbaikan keamanan yang dapat melindungi akun kamu dari kerentanan yang diketahui. Pastikan untuk mengaktifkan pembaruan otomatis agar kamu selalu menggunakan versi terbaru aplikasi.

3. Waspadai pesan phishing atau spam

Jaga kehati-hatian saat menerima pesan yang mencurigakan, terutama yang meminta informasi pribadi, seperti kata sandi atau kode verifikasi. Phishing adalah metode yang sering digunakan peretas untuk mencuri informasi pengguna. Jangan mengklik tautan yang mencurigakan atau berbagi informasi pribadi melalui pesan WhatsApp.

Magang: Idris Fahmi

(brl/red)