Baterai ponsel Android kamu malah drop saat diisi daya? Begini cara mengatasinya

Baterai ponsel Android kamu malah drop saat diisi daya? Begini cara mengatasinya

Techno.id - Siapa nih yang pernah mengalami masalah menyebalkan saat mengisi daya ponsel. Saat dihubungkan ke sumber daya listrik, alih-alih persentase daya baterai meningkat, yang terjadi justru sebaliknya. Daya baterai malah menurun.

Bisa jadi hal tersebut disebabkan adanya aplikasi yang bermasalah. Karena itu dianjurkan untuk menghapus aplikasi tersebut dari ponsel kamu. Banyak pengguna ponsel yang mengalami masalah tersebut. Nah ada baiknya kamu mencari tahu penyebabnya.

Mengapa ponsel kehilangan daya saat di-charge?

Baterai ponsel Android kamu malah drop saat diisi daya? Begini cara mengatasinya foto: techno.id/yani andriyansyah

Masalahponselyang kehilangan tenaga baterai saat mengisi daya bisa disebab beberapa faktor. Salah satu yang paling umum adalah baterai yang rusak. Seiring berjalannya waktu, baterai akan kehilangan kemampuan menyimpan daya. Degradasi alami ini bisa menjadi sangat parah sehingga perangkat kamu lebih cepat kehabisan daya.

Kemungkinan penyebab lainnya adalah menggunakan pengisi daya yang tidak kompatibel dengan ponsel kamu. Pengisi daya dengan voltase atau arus listrik yang tidak sesuai dapat memengaruhi performa baterai.

Selain itu gangguan perangkat lunak juga bisa menjadi penyebabnya. Aplikasi yang haus daya atau bug sistem terkadang menyebabkan konsumsi baterai berlebihan yang bisa memengaruhi proses pengisian daya. Terakhir, kondisi lingkungan, seperti suhu yang sangat panas atau dingin, dapat memengaruhi kinerja baterai dan efisiensi pengisian daya.

(brl/red)