Waspada, smartphone sering terlalu panas bisa merusak baterai secara permanen

Waspada, smartphone sering terlalu panas bisa merusak baterai secara permanen

Techno.id - Smartphone kamu sering terlalu panas? Jangan anggap sepele kondisi tersebut. Sebab jika smartphone sering mengalami overheat bakal berdampak pada usia baterai. Bahkan baterai bisa rusak secara permanen.

Selain itu smartphone yang sering terlalu panas juga dapat menyebabkan kinerja perangkat bermasalah. Perangkat yang mengalami panas berlebih biasanya ditandai dengan layar yang menjadi lebih redup, pengisian daya nirkabel tidak berjalan dengan baik, kinerjanya lambat atau lampu kilat kamera berhenti bekerja. Perangkat smartphone dirancang dengan perlindungan bawaan untuk mencegah panas berlebih.

Jika smartphone menjadi hangat saat memulihkan cadangan, bermain game, streaming video berkualitas tinggi, atau menggunakan pengisi daya nirkabel, hal tersebut normal. Suhu akan menjadi dingin kembali setelah semua tindakan ini berhenti.

Waspada, smartphone sering terlalu panas bisa merusak baterai secara permanen foto: freepik.com

Untuk beberapa jenis smartphone di antaranya iPhone, jika perangkat tetap berada pada suhu tinggi, pengguna biasanya akan mendapatkan peringatan atau notifikasi yang menyebutkan Suhu: iPhone perlu didinginkan.

Jika perangkat mulai menunjukkan salah satu masalah kinerja atau masuk ke mode pendinginan darurat, segera matikan perangkat dan pindahkan ke suhu yang lebih dingin atau jauhkan dari sinar matahari langsung. Jika smartphone kamu menggunakan casing aksesoris, sebaiknya dilepaskan.

Usahakan kamu membantu pendinginan misalnya dengan menggunakan hembusan kipas angin. Secara umum, hindari meninggalkan smartphone di dalam mobil atau di bawah sinar matahari langsung.

(brl/red)