9 Tips untuk membantu menghemat daya tahan baterai iPhone

9 Tips untuk membantu menghemat daya tahan baterai iPhone

Techno.id - Tidak sedikit pengguna smartphone mengeluhkan daya tahan baterai yang cepat habis setiap perangkat lunak baru muncul, tidak terkecuali pada iOS. Bahkan tidak jarang pada setiap peluncuran iOS, ada saja keluhan masalah daya tahan baterai ini.

Masalah ini mungkin saja disebabkan bug perangkat lunak, penggunaan GPS yang berlebihan, aplikasi dan game yang membutuhkan daya besar, dan banyak lagi. Tetapi sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan baterai iPhone. Berikut tips yang berhasil Techno.id rangkum dari berbagai sumber.

1. Gunakan casing baterai iPhone

9 Tips untuk membantu menghemat daya tahan baterai iPhone foto: unsplash/kamil s

Jika kamu menggunakan iPhone versi lawas seperti iPhone 6, iPhone 7, atau iPhone 8, daya tahan baterai hampir pasti akan menjadi masalah. Namun, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan casing baterai iPhone. Casing ini tidak hanya melindungi iPhone kamu dari benturan dan lecet, tetapi juga menggandakan masa pakai baterai iPhone.

2. Simpan dan gunakan iPhone pada suhu kamar

9 Tips untuk membantu menghemat daya tahan baterai iPhone foto: unsplash/toa heftiba

Sinar matahari langsung atau meletakkan iPhone di laci mobil yang hangat akan menghasilkan panas berlebih dan menyebabkan tingkat baterai iPhone menurun tajam.

Menurut Apple, lingkungan yang optimal untuk iPhone dan produk Apple lainnya adalah antara 16 hingga 22 derajat Celcius. Suhu di atas itu akan merusak kapasitas baterai secara permanen. Jika kamu menggunakan casing iPhone, sebaiknya dilepaskan ketika kamu mendeteksi ponsel menjadi hangat saat mengisi daya.

3. Matikan penyegaran aplikasi di latar belakang

9 Tips untuk membantu menghemat daya tahan baterai iPhone foto: unsplash/drew-coffman

Aplikasi yang tetap aktif di latar belakang akan mengurangi masa pakai baterai. Karena itu, setiap kali habis membuka aplikasi sebaiknya kamu tutup aplikasi tersebut. Bisa juga dalam mode Daya Rendah, fitur tersebut dinonaktifkan. Berikut cara mematikan penyegaran aplikasi latar belakang untuk memperpanjang masa pakai baterai.

1. Buka Pengaturan.

2. Ketuk Umum.

3. Ketuk Penyegaran Aplikasi Latar Belakang.

4. Lalu ketuk Penyegaran Aplikasi Latar Belakang pada layar berikutnya.

5. Ketuk Mati.

6. Atau, pada Halaman Penyegaran Aplikasi Latar Belakang, nonaktifkan pengaturan untuk masing-masing aplikasi.

4. Nonaktifkan layanan lokasi

9 Tips untuk membantu menghemat daya tahan baterai iPhone foto: unsplash/cardmapr nl

Jika kamu mengaktifkan layanan lokasi pada semua aplikasi akan memengaruhi daya tahan baterai. Aktifkan layanan lokasi hanya pada beberapa aplikasi saja. Begini cara mematikan layanan lokasi.

1. Buka Pengaturan.

2. Ketuk Privasi & Keamanan.

3, Ketuk Layanan Lokasi.

4. Untuk menonaktifkan pengaturan layanan lokasi sepenuhnya, ketuk sakelar Layanan Lokasi ke OFF (putih).

(brl/red)