Cara menemukan dan menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang ponsel Android

Cara menemukan dan menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang ponsel Android

Techno.id - Ponsel pintar dirancang untuk kenyamanan. Namun seperti halnya PC, laptop, dan sistem lain yang serupa, perangkat Android menjalankan banyak fungsi di latar belakang yang terkadang bisa menyebabkan masalah kinerja seperti crash atau menguras daya tahan baterai.

Karena itu pemeliharaan rutin akan sangat membantu. Untungnya, Android menawarkan berbagai cara sederhana untuk mengawasi aplikasi yang sedang berjalan, dan menutup aplikasi yang tidak diperlukan.

Cara menemukan aplikasi di latar belakang

Cara menemukan dan menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang ponsel Android foto: unsplash/christian wiediger

Saat membuka aplikasi dan menutupnya, sebenarnya aplikasi tidak benar-benar tertutup. Tetapi masih berjalan di latar belakang. Ketika kita membuka sejumlah aplikasi, kita juga bisa menumpuk aplikasi yang terbuka di perangkat Android tanpa kita sadari

Untuk mengatasinya, cukup ketuk tombol ikhtisar (atau geser ke atas dan tahan dari menu beranda jika menggunakan Gestur) untuk melihat daftar semua aplikasi yang aktif. Kamu dapat menggulir ke kiri atau ke kanan untuk memeriksa daftar dan mengusap ke atas lagi untuk menutup aplikasi yang tidak diperlukan. Begini cara untuk menemukan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

1. Buka pengaturan ponsel cerdas kamu.

2. Gulir ke bawah ke Tentang Ponsel.

3. Ketuk tujuh kali pada tampilan Build Number dan akan membuka menu Opsi Pengembang.

4. Pada Menu Running Services menyediakan rincian RAM perangkat kamu dan bagaimana penggunaannya. Persentase yang digunakan aplikasi ditampilkan di bagian tengah. Dari sini, kamu bisa menggulir aplikasi yang aktif dan melihat apa yang mereka lakukan di latar belakang.

Cara menutup aplikasi latar belakang yang tidak perlu

Cara menemukan dan menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang ponsel Android foto: unsplash/andy makely

Setelah mengidentifikasi aplikasi yang berjalan di latar belakang, kamu bisa menghentikan fungsinya dengan memilih Stop pada menu Running Services. Tetapi ada cara lain yang lebih mudah untuk menutupnya.

1. Buka menu Aplikasi dari Pengaturan utama perangkat kamu.

2. Gulir daftar untuk menemukan aplikasi yang dimaksud.

3. Pilih dan tekan Paksa Berhenti. Jika kamu yakin aplikasi tersebut tidak diperlukan dan tidak akan digunakan lagi, kamu bisa mengeklik Uninstall.

4. Tentu saja ada beberapa aplikasi Android yang sangat berguna, dan kamu harus selektif dalam memilih aplikasi latar belakang mana yang dihentikan dengan cara ini.

(brl/red)