Cara menghentikan masalah PS5 yang terlalu panas, bersihkan perangkat secara berkala  

Cara menghentikan masalah PS5 yang terlalu panas, bersihkan perangkat secara berkala  

Techno.id - Saat konsol game PlayStation5 dirilis, perangkat tersebut menggunakan komponen yang semakin kuat untuk menawarkan fitur yang lebih baik, visual dengan ketelitian tinggi, dan grafik yang superior. Namun, dengan perangkat keras yang lebih kuat itu menghasilkan lebih banyak panas.

Kendati hal itu adalah sesuatu yang diperhitungkan Sony saat mendesain PS5, namun kamu mungkin masih menemukan konsol terlalu panas. Berikut beberapa langkah untuk mengatasi PS5 yang terlalu panas.

1. Tempatkan PS5 di ruang yang berventilasi baik

Cara menghentikan masalah PS5 yang terlalu panas, bersihkan perangkat secara berkala foto: playstation

Sony melengkapi PS5 dengan kipas berukuran 120mm yang cukup besar untuk menghilangkan panas. Seperti komputer berkualitas tinggi lainnya, komputer ini masih membutuhkan aliran udara yang baik untuk mempertahankan suhu pengoperasian yang ideal.

Karena itu usahakan tempatkan PS5 di tempat yang memiliki ventilasi yang baik. Jika kamu menempatkan konsol PS5 di dalam rak untuk menghemat ruang, Sony menyarankan untuk menyisakan ruang sekitar empat inci untuk aliran udara yang optimal. Jangan tempatkan PS5 di lemari tertutup karena tidak akan ideal untuk aliran udara.

Jika ingin menghentikan PS5 kamu dari panas berlebih dan memastikannya bekerja sebaik mungkin, jaga agar konsol tetap terbuka, dengan banyak ruang untuk menarik udara dari segala arah. Perlu juga dicatat bahwa banyak gamer telah melaporkan sedikit penurunan suhu inti PS5 mereka karena konsol ditempatkan berdiri secara vertikal, daripada meletakkannya secara horizontal.

2. Jaga kebersihan PS5

Masalah lain yang diketahui menyebabkan PS5 menjadi terlalu panas adalah debu dan kotoran. Sama seperti komputer, saat debu dan kotoran menumpuk di kipas dan komponen, hal ini akan mengurangi aliran udara yang menyebabkan masalah panas berlebih. Begini cara membersihkan PS5.

1. Angkat perlahan sudut dengan logo PS dan geser penutup ke bawah.

2. Gunakan sikat anti-statis untuk menyikat kipas dan ventilasi masuk dengan lembut di sepanjang sisinya.

3. Gunakan udara bertekanan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang tertinggal.

4. Kamu juga dapat melakukan pembersihan lebih jauh secara fisik dengan melepas kipas dari PS5.

3. Ganti pasta termal PS5

Cara menghentikan masalah PS5 yang terlalu panas, bersihkan perangkat secara berkala foto: freepik

PS5 menggunakan logam cair, senyawa dengan konduktivitas termal tinggi yang dirancang untuk memindahkan panas dari prosesor ke heatsink, yang kemudian dikeluarkan melalui kipas CPU. Tidak seperti pasta termal tradisional, yang harus diganti setiap satu hingga dua tahun, logam cair memiliki masa simpan sekitar tiga tahun, memberi kamu waktu ekstra sebelum perlu menggantinya.

Kamu hanya boleh mengganti logam cair PS5 jika yakin melakukannya. Logam cair bersifat konduktif secara elektrik, yang berarti tumpahan apa pun dapat merusak konsol hingga tidak dapat diperbaiki. Karena itu bawa PS5 kamu ke profesional. Mereka akan dapat menilai kondisi pendinginan PS5 kamu, serta memberi tahu apakah kamu perlu mengganti logam cair atau tidak.

4. Perbarui PS5

Cara menghentikan masalah PS5 yang terlalu panas, bersihkan perangkat secara berkala foto: freepik/miglagoa

Sony sering merilis pembaruan kinerja yang dapat membantu mengoptimalkan game, sehingga mengurangi beban pada perangkat keras konsol. Meskipun memperbarui PS5 tidak dijamin akan membantu kinerja termal, hanya perlu beberapa menit untuk memperbarui PS5, yang membuatnya layak dilakukan agar perangkat lebih optimal termasuk mengurangi panas.

(brl/red)