4 Faktor yang harus kamu perhatikan saat menggunakan smartphone ketika sedang di-charge

4 Faktor yang harus kamu perhatikan saat menggunakan smartphone ketika sedang di-charge

Techno.id - Selama ini banyak pro dan kontra di kalangan pengguna smartphone. Boleh nggak sih menggunakan ponsel cerdas saat sedang diisi daya?

Ya, kamu dapat menggunakan ponsel saat sedang diisi dayanya. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa menggunakan ponsel saat mengisi daya dapat memengaruhi kecepatan pengisian daya dan berpotensi menimbulkan panas.

Saat kamu menggunakan ponsel ketika dicolokkan ke sumber listrik, proses pengisian daya melambat karena perangkat menggunakan daya secara bersamaan untuk pengoperasiannya. Artinya, ponsel kamu akan membutuhkan waktu lebih lama untuk terisi penuh dibanding saat tidak digunakan.

Selain itu menggunakan ponsel saat mengisi daya juga dapat menghasilkan panas, terutama jika kamu menjalankan aplikasi atau game yang menghabiskan banyak sumber daya. Kombinasi pengisian daya dan penggunaan berat dapat menyebabkan perangkat memanas, yang dapat memengaruhi kinerjanya secara keseluruhan dan berpotensi menyebabkan masalah panas berlebih.

Namun perlu disebutkan bahwa ponsel cerdas modern saat ini dirancang dengan mekanisme keamanan untuk mencegah panas berlebih, seperti pelambatan termal dan pematian otomatis jika suhu melebihi ambang batas tertentu.

Untuk meminimalkan potensi dampak pada kecepatan pengisian dan pembangkitan panas, disarankan untuk mengikuti praktik di bawah ini yang berhasil dirangkum Techno.id dari berbagai sumber.

1. Gunakan pengisi daya berkualitas tinggi

4 Faktor yang harus kamu perhatikan saat menggunakan smartphone ketika sedang di-charge foto: freepik/gutaper

Disarankan untuk menggunakan pengisi daya asli atau pengisi daya pihak ketiga terkemuka yang kompatibel dengan perangkat kamu. Pengisi daya yang murah atau palsu mungkin tidak memberikan daya yang cukup atau tidak memiliki fitur keselamatan yang tepat, yang dapat menyebabkan pengisian daya lebih lambat atau bahkan merusak ponsel.

2. Hindari aktivitas yang menghabiskan banyak sumber daya

4 Faktor yang harus kamu perhatikan saat menggunakan smartphone ketika sedang di-charge foto: freepik

Jika kamu ingin mengisi daya ponsel lebih cepat dan mengurangi pembangkitan panas, disarankan untuk menghindari menjalankan aplikasi atau game dengan grafis berat saat dicolokkan. Aktivitas ini menambah beban pada prosesor perangkat dan dapat meningkatkan konsumsi daya.

3. Jaga agar ponsel tetap berventilasi baik

4 Faktor yang harus kamu perhatikan saat menggunakan smartphone ketika sedang di-charge foto: freepik/pvproductions

Untuk mencegah penumpukan panas yang berlebihan, pastikan ada aliran udara yang baik di sekitar ponsel saat sedang diisi dayanya. Hindari menutupinya dengan selimut, bantal, atau bahan lain yang dapat membatasi aliran udara dan menjebak panas.

4. Pastikan perangkat pengisi daya dalam keadaan baik

4 Faktor yang harus kamu perhatikan saat menggunakan smartphone ketika sedang di-charge foto: freepik/rawpixel.com

Penting untuk dicatat, meskipun menggunakan ponsel selama pengisian daya umumnya aman, jarang ada kasus kecelakaan yang melibatkan pengisi daya yang rusak atau kabel yang rusak. Oleh karena itu, selalu disarankan untuk berhati-hati dan memastikan bahwa peralatan pengisi daya dalam kondisi baik.

Kesimpulannya, kamu dapat menggunakan ponsel saat sedang diisi dayanya, tetapi hal itu dapat memengaruhi kecepatan pengisian daya dan menghasilkan panas. Mengikuti praktik terbaik yang disebutkan di atas dapat membantu meminimalkan potensi masalah ini.

(brl/red)