Begini penjelasan cara menyimpan ponsel cerdas dalam beras ketika terkena air

Begini penjelasan cara menyimpan ponsel cerdas dalam beras ketika terkena air

Techno.id - Saat ini hujan masih sering terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Salah satu masalah yang sering ditakuti banyak orang saat hujan adalah smartphone mereka bisa basah. Kendati saat ini umumnya smartphone dibekali sertifikasi tahan percikan air dan debu, namun akan berbeda jika tingkat kebasahan cukup parah.

Nah masih banyak pengguna yang percaya jika smafrtphone basah, maka beras bisa menjadi solusi. Karena itu tidak heran jika dalam hal mengeringkan ponsel yang terkena air, banyak orang beralih ke metode kuno menggunakan beras.

Sebab, beras dipercaya dapat menyerap kelembapan dan membantu proses pengeringan. Namun, seringkali ada kebingungan tentang berapa lama ponsel harus disimpan dalam beras untuk hasil yang optimal. Lantas berapa lama menyimpan ponsel di dalam beras agar dapat mengeringkannya secara efektif.

Memahami proses pengeringan

Begini penjelasan cara menyimpan ponsel cerdas dalam beras ketika terkena air foto: freepik/vecstock

Sebelum mengetahui durasinya, penting untuk memahami proses pengeringannya. Beras dapat membantu menyerap kelembapan, tetapi ini bukan solusi yang mudah. Tujuan utamanya adalah menghilangkan semua kelembapan dari komponen internal ponsel untuk mencegah kerusakan dan korosi.

Faktor penentu

Waktu yang diperlukan untuk mengeringkan ponsel menggunakan beras dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor.

1. Tingkat keparahan paparan air

Durasinya mungkin tergantung pada berapa lama ponsel kamu terendam atau jumlah air yang terpapar. Semakin luas kerusakan air, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk benar-benar kering.

2. Model dan desain ponsel

Model ponsel yang berbeda memiliki tingkat ketahanan air dan desain internal yang berbeda-beda. Hal ini juga dapat memengaruhi waktu pengeringan.

3. Lingkungan

Kelembaban dan suhu lingkungan dapat memengaruhi proses pengeringan. Lingkungan yang lebih hangat dan kering umumnya memfasilitasi pengeringan yang lebih cepat.

Durasi yang disarankan

Meskipun tidak ada jawaban yang cocok untuk semua, umumnya disarankan untuk menyimpan ponsel di beras selama minimal 24-48 jam. Jangka waktu ini memungkinkan beras menyerap kelembapan dan memberi waktu yang cukup bagi ponsel untuk mengering. Namun, penting untuk dicatat bahwa beras saja mungkin tidak cukup untuk mengeringkan komponen internal sepenuhnya.

(brl/red)